Politik Indonesia Masih Dikuasai Oligarki, Buku Mata Air Indonesia Maju Wajib Dibaca Capres

Ujian atau konsep dari buku ini bisa dibaca dan dikaji agar diuji sehingga semua calon presiden dapat melakukannya.

Penulis: Diana Aulia | Editor: Eti Wahyuni
Tribun Medan/Diana Aulia
Foto bersama narasumber dalam acara peluncuran buku Mata Air Indonesia Maju di Medan, Minggu (19/6/2022). 

TRIBUN-MEDAN.com, MEDAN - Rumah Politik Kesejahteraan (RPK) menggelar diskusi publik dan peluncuran buku "Mata Air Indonesia Maju: Bunga Rampai Gagasan untuk Cak Imin". Acara digelar di Foodcourt Gajah Mada Jalan DI Panjaitan, Medan, Minggu (19/6/2022).

Diskusi publik ini mengusung tema Oligarki dan Masa Depan Indonesia Sejahtera serta dihadiri Pengamat Politik Rocky Gerung, penulis buku dan pegiat isu Kebhinekaan Ester Indahyani Jusuf, aktivis demokrasi Kristian Redison Simarmata dan pengajar di Universitas Indonesia, Surya Nita.

Dalam diskusi ini, Rocky Gerung menjelaskan bawah buku Mata Air Indonesia Maju ini merupakan titipan dari 62 penulis yang dilatarbelakangi dari aktivis, akademisi, peneliti, dan praktisi gerakan sosial kepada calon Presiden Republik Indonesia terutama Abdul Muhaimin Iskandar atau yang sering disebut dengan Cak Imin.

Sebelum memulai sebagai pembicara dalam diskusi ini, Rocky menyampaikan bahwa dirinya sebagai pengarah Cek Imin yang merupakan Ketua Umum Partai Kebangkitan Bangsa (PKB), mantan menteri di kabinet Jokowi dan saat ini masih berstatus sebagai Wakil Ketua DPR RI.

Baca juga: Rocky Gerung Miris Tragedi Ibu Bunuh Anak di Brebes, Bandingkan Gaji Pawang Hujan Mandalika

"Di dalam diskusi kita ini ada wartawan, sebelum saya di-doorstop ditanyakan kenapa seorang Rocky Gerung kok mau masuk di peluncuran buku salah satu Capres dari kabinet Jokowi, jadi mending sekarang saya menjelaskan. Saya bukan pendukung Cak Imin, saya cuma pengarah dari suatu kesempatan bagi Indonesia yang mau berpikir maju ke depan," ucap Rocky saat memulai materinya.

Dikatakan Rocky, orang yang mau membaca 62 tesis dan mendengarkan semua isi buku ini adalah bukti orang yang mau berpikir. Maka maksud Rocky, ujian atau konsep dari buku ini bisa dibaca dan dikaji agar diuji sehingga semua calon presiden dapat melakukannya.

"Siapa pun yang ingin menjadi calon Presiden bisa membaca dan diuji coba dengan buku Mata Air Indonesia Maju. Saya pernah mengajar di PMII dan Cak Imin dulu adalah murid saya, jadi saya berhak dong mengarahkan dia," kata Rocky Gerung.

Di dalam diskusi, Rocky juga menyampaikan apa yang menjadi penyebab terjadinya oligarki.

"Oligarki telah diidap oleh bangsa ini bukan pada saat pemerintah Jokowi tetapi sebelumya, oligarki sudah ada. Kita semua sudah keluar dari orde baru tetapi belum masuk ke Reformasi, artinya kita tidak menyelesaikan bagian struktural dari bangsa ini, oligarki mengintai orang-orang yang masih di halaman orde baru," tegasnya.

Sementara itu, Surya Nita pengajar di Universitas Indonesia mengaku secara garis besar bahwa konsep kesejahteraan rakyat yang sangat detail mengajukan politik kesejahteraan bukan politik oligarki pada buku ini, cukuplah bagus.

Halaman
12
Sumber: Tribun Medan
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved