Berita Sumut

Taman Edukasi Binjai, Berwisata Sambil Belajar Lewat Alam, Langsung Menyaksikan Pembuatan Gula Aren

Selain menyuguhkan pemandangan hijau yang menyegarkan mata, tempat wisata ini juga menyediakan berbagai kegiatan yang seru dan menyenangkan.

TRIBUN-MEDAN.COM, MEDAN - Kota Binjai, Sumatera Utara terdapat tempat wisata menarik disini, Taman Edukasi namanya.

Selain menyuguhkan pemandangan hijau yang menyegarkan mata, tempat wisata ini juga menyediakan berbagai kegiatan yang seru dan menyenangkan.

Didesain sedemikian rupa sebagai sarana belajar anak tentang alam. Itu sebabnya ada banyak tumbuhan disini.

"Waktu saya kembali ke Binjai saya lihat, saya survei selama kurang lebih tiga bulan. Apa yang belum ada di kota Binjai ini adalah taman yang berbasis edukasi.

Begitu banyak sekolah di Binjai tapi tidak ada taman yang berbasis edukasi.

Makanya tekad saya untuk mendirikan Taman Edukasi Binjai ini supaya ada sarana belajar dan bermain untuk anak-anak," ujar Reza, pemilik Taman Edukasi Binjai kepada Tribun, Rabu (22/6/2022).

Sebelum memasuki Taman Edukasi Binjai, pengunjung akan membayar uang kontribusi kebersihan sebesar Rp 10 ribu rupiah.

Taman ini terkenal dengan pohon gula arennya. Pengunjung akan dipandu oleh petugas untuk menikmati suasan kebun aren yang luas.

Hamparan hijau seluas sembilan hektar ini bak hutan ditengah perkotaan.

"Tempatnya indah, selain bisa membeli gula aren secara langsung kita juga bisa belajar disini. Hati senang dan tenang dengan suasananya," ujar Dewi seorang pengunjung yang datang dari Medan.

Selain tanaman utamanya yaitu pohon aren, juga terdapat berbagai tanaman lainnya seperti pohon Ara, pohon rambutan, pohon manggis, ekaliptus dan hamparan sawah.

Jika datang disaat yang tepat pengunjung dapat melihat langsung proses pemanenan nira bahkan pembuatan nira menjadi gula aren.

Kemudian, pengunjung juga disediakan spot untuk belajar menanam padi. Jika musimnya, juga tersedia tanaman yang bisa dipetik langsung seperti timun, kacang dan lainnya.

Sembari memandang hamparan hijau yang menyejukkan mata, menikmati secangkir kopi dengan gula aren asli adalah moment yang tidak boleh dilewatkan.

Halaman
12
Sumber: Tribun Medan
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved