Sumut Terkini

Desa Buluh Duri Serdangbedagai Masuk 50 Desa Wisata Terbaik di Indonesia

Untuk menuju ke Desa Wisata Buluh Duri, diperlukan waktu tempuh kurang lebih 2 jam dengan kendaraan roda 4.

Penulis: Diana Aulia | Editor: Ayu Prasandi
HO
Para pengunjung lagi melakukan rafting atau Arung Jeram di Ancol Arung Jeram, Desa Buluh Duri, Sipispis, Kabupaten Serdangbedagai, Sumut, Minggu (14/6/2020). 

TRIBUN-MEDAN.COM, MEDAN- Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Uno melakukan kunjungi ke desa-desa yang masuk kedalam 50 desa Wisata terbaik di Indonesia dalam ajang Anugrah Desa Wisata Indonesia (ADWI) 2022.

Termasuk mengunjungi Desa Wisata Buluh Duri yang terletak di Kecamatan Sipispis Kabupaten Serdangbedagai, Sumatera Utara pada Kamis (23/6/2022). 

Diketahui, ADWI merupakan salah satu program unggulan penggerak kebangkitan pertumbuhan ekonomi dan pengembangan pariwisata Indonesia yang sedang digalakan oleh Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/ Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, untuk kedua kalinya dengan mengangkat tema “Kebangkitan Ekonomi untuk Indonesia Bangkit”.

Sandiaga Uno bersama Bupati Sergai Darma Wijaya dan Wakilnya Adlin Umar Yusri dalam kunjungan ke Desa Buluh Duri Kecamatan Sipispis Kabupaten Sergai pada Kamis (23/6/2022) 
Sandiaga Uno bersama Bupati Sergai Darma Wijaya dan Wakilnya Adlin Umar Yusri dalam kunjungan ke Desa Buluh Duri Kecamatan Sipispis Kabupaten Sergai pada Kamis (23/6/2022)  (TRIBUN MEDAN/DIANA)

Baca juga: Wisata Taman Edukasi Binjai, Berwisata Sambil Belajar Lewat Alam

Dalam kesempatan ini Dwi Yanti Purba memperkenalkan serta memaparkan pencapaian yang telah di dapatkan oleh Desa Buluh Duri

"Inilah Desa kami bang menteri Desa Buluh Duri yang telah mengembangkan pelaku UMKM dan pelatihan serta memberdayakan masyarakat yang ada disini untuk meningkatkan ekonomi mereka,“ Ujar Dwi

Dikatakannya pertumbuhan di Desa Buluh Duri Sudah maksimal tapi belum hebat, karena yang tadinya satu rumah hanya dapat menggunakan sepeda kini sudah dapat menggunakan sepeda motor.

Desa Buluh Duri memiliki luas wilayah kurang lebih 1.906,11 Hektar dan terdiri atas 7 dusun, untuk menuju ke Desa Wisata Buluh Duri, diperlukan waktu tempuh kurang lebih 2 jam dengan kendaraan roda 4.

Baca juga: EKOWISATA Harangan Girsang Paradise, Tempat Wisata yang Tawarkan Keindahan Hutan Pinus di Atas Bukit

Ketua Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) Buduma, Budiman Purba juga memaparkan Potensi Desa Wisata Buluh Duri. 

"Daya tarik wisata Desa Buluh Duri yaitu alam, dimana sepanjang jalur arung jeram sungai bah bolon yang kita lalui terdapat view-view dan spot foto dan memiliki situs sejah“ Ujarnya. 

Adapun potensi wisata di Desa ini adalah Air Terjun Bahgula yang tingginya hampir 25 meter, Green Canyon dinding batu berlumut, yang tingginya hamper 30 meter, Magic Wall dinding batu yang membetuk ukiran yang berasal dari tetesan air, Batu Boru Manjile yang berada di aliran Sungai Bah Bolon, dan memiliki cerita sejarah Kerajaan Bajalingge.

Halaman
12
Sumber: Tribun Medan
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved