Pemkab Dairi

Sempat Berhenti beroperasi, Layanan ICU di RSUD Sidikalang Dibuka Kembali Ini Harapan Bupati

Kita patut bersyukur semua itu sudah terpenuhi hingga hari ini ruangan ICU sudah bisa difungsikan kembali untuk melayani masyarakat.

Penulis: Alvi Syahrin Najib Suwitra | Editor: Satia
TRIBUN/ALVI
Bupati Dairi , Eddy Berutu mengecek layanan ICU di RSUD Sidikalang yang kini sudah mulai diaktifkan kembali. 

TRIBUN-MEDAN.COM, SIDIKALANG - Pelayanan Intensive Care Uni (ICU) di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Sidikalang mulai difungsikan kembali.

Diketahui, layanan ICU ini sempat terhenti pada bulan Desember 2017, lalu akibat regulasi dan minimnya alat.

"Sebenarnya pada bulan Desember 2017 lalu ICU ini sudah difungsikan namun ditutup pada akhir Desember 2019 karena alasan regulasi dan hal lain yang masih perlu dipersiapkan seperti laboratorium elektrolit, dan AGDA yang saat itu belum kita miliki yang mengakibatkan kalim pelayana ICU ke BPJS tidak sesuai sebagaimana mestinya," kata bupati Dairi, Eddy Keleng Ate Berutu, Kamis (16/6/2022).

Dirinya menjelaskan, pada awal Agustus 2020- 2021 pelayanan sempat dibuka, dengan melayani pasien sebanyak 122 orang.

Namun karena ada kegiatan rehab ruangan, pelayanan ini ditutup kembali.

Seiring berjalannya waktu, kata Bupati RSUD terus berusaha mempersiapkan beberapa hal yang harus dipenuhi, guna membuka kembali pelayana ICU.

Akan tetapi, ada standar yang harus dipersiapkan, seperti dokter spesialis anestesi, petugas ruangan ICU terampil.

"Kita patut bersyukur semua itu sudah terpenuhi hingga hari ini ruangan ICU sudah bisa difungsikan kembali untuk melayani masyarakat. Dan persiapan sarana dan prasaran disamping mempersiapkan regulasi seperti kebijakan pelayanan sesuai SOP, kredensialing dari BPJS, dan SK tim ICU juga sedang dilakukan," terangnya.

Diakhir arahannya, Eddy Berutu meneruh harapan besarnya bagi RSUD ini untuk dapat bersinergi dan berkolaborasi dalam mewujudkan kesejahteraan masyarakat untuk tanoh kekelengan kabupaten Dairi tercinta.

"Semoga dengan difungsikannya kembali layanan ICU, maka akan lahir semangat dan tekad baru bagi RSUD untuk semakin memberi pelayanan prima ditengah modernisasi yang semakin kompetitif," kata bupati mengakhiri.

(Cr7/Tribun-Medan.com)

 

 

Sumber: Tribun Medan
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved