Breaking News:

MAN 1 Medan Siapkan Digitalisasi Madrasah, Gunakan Kamera AI

Reza menjelaskan, untuk menunjang peningkatan mutu pendidikan pelayanan madrasah, ada 19 buku yang wajib dimiliki siswa.

Penulis: Diana Aulia | Editor: Eti Wahyuni
HO
Proses daftar Ulang MAN 1 Medan Jalan Williem Iskandar No.7 B, Sidorejo, Kecamatan Medan Tembung, Kota Medan pada Rabu (29/6/2022). 

TRIBUN-MEDAN.com, MEDAN - Untuk menyelaraskan mutu pendidikan dengan tuntutan zaman, Madrasah Aliyah Negeri (MAN) 1 Medan berencana meningkatkan fasilitas pendidikan dengan melengkapi ruang kelas dengan perangkat digital, termasuk kamera AI (Artificial Intelligence).

Kepala MAN 1 Medan Reza Faisal Spd, MPMat menyebutkan, rencana ini sejalan dengan Revolusi Industri 4.0 dan Society 5.0, sehingga siswa bisa menyesuaikan pengetahuan dan pengalamannya dengan transformasi digital.

“Maka dari itu, kita menyediakan fasilitas untuk menunjang transformasi digital tersebut. Sehingga siswa nantinya dapat menjawab tantangan dan peluang Revolusi Industri 4.0 dan Society 5.0 ini,” ujar Reza didampingi Ketua Panitia Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) Hj Syarifah Jaitun dan KTU Ikhwanul Hakim Dasopang, Rabu (29/6/2022).

Reza mengatakan, sebelumnya, PPDB Tahun Pelajaran 2022/2023 pada MAN 1 Medan yang baru digelar berjalan lancar dan sukses dengan beberapa program unggulan. "Alhamdulillah, PPDB telah kita lalui dengan baik dan lancar," ungkapnya.

Baca juga: Sekolah MAN 1 Kembali Melaksanakan Pembelajaran Tatap Muka Terbatas dan Menyiapkan Ruang Isoter

Sesuai Peraturan Menteri Agama (PMA) Republik Indonesia No 16 Tahun 2020 tentang Komite Madrasah yang bertujuan meningkatkan mutu pendidikan pelayanan madrasah serta pengembangan madrasah, Komite MAN 1 Medan telah mengundang orangtua calon siswa-siswi untuk mengikuti rapat komite.

“Jadi, dalam PMA Republik Indonesia No 16 Tahun 2020, pihak sekolah dibenarkan memberlakukan sumbangan untuk meningkatkan mutu pendidikan pelayanan madrasah dan pengembangan madrasah,” kata Reza.

Dalam rapat komite tersebut, banyak hal yang dibicarakan mulai perlengkapan siswa, pengembangan madrasah, termasuk program unggulan madrasah dan digitalisasi madrasah yang bertujuan meningkatkan kualitas siswa-siswi madrasah menuju madrasah mandiri berprestasi.

"Alhamdulillah, dalam rapat komite dengan para orangtua calon siswa-siswi beberapa hari lalu, para orangtua siswa-siswi dapat memahami dan menyepakati program unggulan dan rencana madrasah yang kita sampaikan serta mendukung program tersebut. Kesepakatan yang telah dibuat dirangkum dalam berita acara rapat komite pada Sabtu tanggal 25 Juni 2022 di forum rapat komite," sebutnya.

Reza menjelaskan, untuk menunjang peningkatan mutu pendidikan pelayanan madrasah, ada 19 buku yang wajib dimiliki siswa.

“Namun, bagi siswa yang tidak mampu secara ekonomi, pihak MAN 1 Medan akan memberi bantuan dengan melengkapi syarat-syarat yang diperlukan seperti surat miskin dari kelurahan atau desa," tutur Reza.

Halaman
12
Sumber: Tribun Medan
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved