Piala Dunia U20 2023

Israel Tampil Piala Dunia U-20 2023 di Indonesia, MUI Buka Suara, Warning Buat Pemerintah

MUI mengingatkan, pemerintah harus berhati-hati dalam memberikan keputusan terkait kepesertaan Israel di ajang Piala Dunia U-20 2023.

Dokumen resmi PSSI
Logo resmi Piala Dunia U-20 2021 di Indonesia. 

TRIBUN-MEDAN.com - Lolosnya timnas U-20 Israel di Piala Dunia U-20 2023 di Indonesia, membuat Majelis Ulama Indonesia (MUI) buka suara.

Timnas Israel sendiri dipastikan akan tampil dalam gelaran Piala Dunia U20 2023 yang akan berlangsung di Indonesia, tahun depan.

Israel secara brilian mampu lolos ke putaran final Piala Dunia U20 dengan status runner-up Grup A, dibawah Inggris.

Kelolosan Israel tembus Piala Dunia U20 2023 pun memicu berbagai reaksi mengingat suhu politik dan keberpihakan mayoritas masyarakat Indonesia kepada Palestina, negara yang dijajah Israel.

MUI mengingatkan, pemerintah harus berhati-hati dalam memberikan keputusan terkait kepesertaan Israel di ajang Piala Dunia U-20 2023.

Baca juga: Timnas Israel U-20 Lolos Piala Dunia U-20 2023, Pemerintah Indonesia Menjamin Keamanannya

Keputusan pemerintah terkait kehadiran Israel di ajang Piala Dunia U-20 2023 di Indonesia tersebut juga harus dilakukan secara cermat dan melibatkan berbagai elemen.

"Jangan hanya oleh Kemenpora keputusan itu diambil apalagi memberikan jaminan," kata Ketua MUI Bidang Hubungan Luar Negeri dan Kerja Sama Internasional, Sudarnoto Abdul Hakim yang dilansir dari laman MUI, Rabu (29/6/2022).

Sudarnoto menuturkan alasan untuk tidak mengaitkan perhelatan olahraga dengan isu politik Palestina-Israel memang dapat dimengerti.

Namun, secara umum dengan isu kemanusiaan, kata dia, rakyat Palestina telah mengalami genosida dalam waktu yang panjang.

"Akan tetapi, penting saya sampaikan bahwa isu genosida yang dilakukan oleh zionis Israel ini sangat spesial dan sensitif, bahkan eksponensial," tutur Sudarnoto.

Sudarnoto menjelaskan Israel dengan sikap takabur dan kasat mata telah menistakan martabat kemanusiaan dan menginjak kedaulatan Palestina.

Baca juga: JADWAL Piala Dunia U-20 2023, Ketua PSSI Yakin Timnas U-19 Indonesia Bisa Raih Kemenangan

"Karena itu, menjadi tugas konstitusional dan moral bangsa Indonesia untuk mendukung perjuangan rakyat dan bangsa Palestina," jelas Sudarnoto.

Menurut Sudarnoto, keikutsertaan Israel dalam Piala Dunia U-20 2023 di Indonesia harus menjadi perhatian serius semua pihak.

“Jangan sampai menimbulkan masalah. Sehingga menggangu hajat besar dan penting perhelatan sepak bola dunia ini," kata Sudarnoto.

Halaman
123
Sumber: Tribunnews
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved