Niat Puasa

Niat Puasa Dzulhijjah 1-7 Juli 2022 dan Keistimewaan Berpuasa di Bulan Dzulhijjah

Sebagaimana disebutkan dalam sebuah hadits, 10 pertama bulan Dzulhijjah, umat Islam dianjurkan untuk memperbanyak amalan.

Penulis: Dina purnama | Editor: Royandi Hutasoit
HO / Tribun Medan
Niat Puasa Dzulhijjah 

TRIBUN-MEDAN.com - Niat Puasa Dzulhijjah 1-7 Juli 2022 dan Keistimewaan Berpuasa di Bulan Dzulhijjah.

Pemerintah menetapkan Hari Raya Idul Adha 10 Dzulhijjah 1443 H jatuh pada Minggu (10/7/2022), sehingga untuk 1 Dzulhijjah akan dimulai pada Jumat (1/7/2022).

Sebagaimana disebutkan dalam sebuah hadits, 10 pertama bulan Dzulhijjah, umat Islam dianjurkan untuk memperbanyak amalan.

 “Tidak ada hari-hari yang lebih agung di sisi Allah dan amal shalih di dalamnya lebih dicintai oleh-Nya daripada hari yang sepuluh (sepuluh hari pertama dari Dzulhijjah).” (HR. Ahmad, dishahihkan Syaikh Ahmad Syakir).

Ada berbagai amalan yang bisa dilakukan umat islam saat memasuki bulan Dzulhijjah, diantaranya memperbanyak puasa di 9 hari pertama Dzulhijjah, memperbanyak dzikir dan salat, beribadah haji, hingga berkurban.

Lalu banyak juga yang bertanya, puasa Dzulhijjah ini apakah harus dilakukan berturut-turut atau bagaimana?

Melaksanakan puasa Dzulhijjah merupakan bagian dari melaksanakan sunnah yang diajarkan nabi. Dalam sebuah riwayat disebutkan, Nabi tidak pernah meninggalkan Puasa Dzulhijjah.

Seperti disebutkan dalam hadist dari Hashah, yang dimuat dalam buku Ringkasan Fikih Sunnah Sayyid Sabiq.

"Empat hal yang tidak pernah ditinggalkan oleh Rasullah yaitu: puasa Asyura (10 Muharram), puasa 10 hari bulan Dzulhijjah, puasa 3 hari setiap bulan dan shalat 2 rakaat sebelum shalat fajar (subuh)."

Singkatnya, puasa Dzulhijjah boleh dilaksanakan penuh selama sembilan hari dan boleh juga dilaksanakan (ada sebagian hari saja dengan niat puasa Daud), namun disarankan untuk berpuasa berturut-turut.

Umat Muslim dapat melaksanakan puasa Dzulhijjah selama 7 hari. Mengutip Buku Pintar Panduan Lengkap Ibadah Muslimah, niat Puasa Dzulhijjah berbunyi:

niat Puasa Dzulhijjah
Niat Puasa Dzulhijjah

Dibaca: Nawaitu shoma syahri dulkhijjatu sunna lillahita'ala

Artinya: "Saya niat puasa bulan Zulhijjah, Sunah karena Allah ta'ala."

Rasulullah SAW menganjurkan umatnya untuk berpuasa sunah pada bulan-bulan mulia, termasuk bulan Dzulhijah.

Halaman
123
Sumber: Tribun Medan
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved