Tips Kesehatan

Ternyata Curhat dan Melakukan Hobi Sangat Ampuh Meredam Stres

Stres merupakan kondisi yang sangat umum terjadi kerap terjadi baik di kalangan pekerja, mahasiswa maupun pelajar.

Penulis: Rizky Aisyah | Editor: Royandi Hutasoit
kompas.com
Ilustrasi Stres 

TRIBUN-MEDAN.com.MEDAN - Stres merupakan kondisi yang sangat umum terjadi kerap terjadi baik di kalangan pekerja, mahasiswa maupun pelajar.

Dalam kondisi normal, stres bisa memberikan dampak positif, misalnya membantu Anda bekerja lebih cepat ketika harus menyelesaikan tugas sebelum tenggat waktu.

Hampir setiap orang pernah mengalami stres. Namun, kondisi ini tidak boleh dibiarkan berlarut-larut. 

Agar stres tidak terus berlanjut sampai menimbulkan gangguan kesehatan, ada beragam cara mudah untuk mengatasi stres yang dapat Anda lakukan.

Stres yang berkepanjangan bisa memicu berbagai penyakit. 

Ketika stres, tubuh melepaskan hormon kortisol dan adrenalin yang membuat kerja jantung menjadi lebih cepat. Hormon-hormon tersebut juga bisa membuat Anda merasa mudah lelah.

Selain itu, daya tahan tubuh seseorang yang sedang stres juga akan menurun. Tubuh menjadi sulit melawan virus atau bakteri dan Anda pun lebih mudah terkena penyakit.

Ungkapkan keluh kesah

Memendam perasaan bisa membuat Anda stres. Apa lagi stres yang berkepanjangan, sebaiknya lepaskan beban dengan mengungkapkan semua hal yang ada di pikiran kepada orang terdekat atau ke psikolog. 

Biasanya, setelah semua keluh kesah dikeluarkan, perasaan akan jauh lebih baik.

Olahraga secara rutin

Selain membuat tubuh lebih sehat, olahraga juga bisa meredakan stres. Dengan berolahraga, otot tubuh akan lebih rileks dan pikiran pun akan teralihkan sehingga bisa memperbaiki suasana hati.

Tidak perlu melakukan olahraga berat untuk melepas stres. Cukup lakukan olahraga sederhana, seperti jalan santai atau bersepeda, hal ini akan sangat ampuh untuk meredakan stres.

Makan-makanan Sehat

Halaman
123
Sumber: Tribun Medan
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved