Wabah PMK tak Surutkan Orang Berkurban, Masjid Jamik Bagikan 1.500 Kupon

Tahun ini jadi lebih banyak bahkan ada satu ekor lembu Limosin yang bobotnya cukup besar.

Penulis: Husna Fadilla Tarigan | Editor: Eti Wahyuni
Tribun Medan/HO
Telkomsel menyalurkan sebanyak 738 ekor hewan kurban kepada sekira 48 ribu penerima manfaat di lebih dari 700 lokasi di seluruh Indonesia. Penyerahan bantuan hewan kurban ini dilakukan secara simbolis di Jakarta, Sabtu (9/7/2022). 

TRIBUN-MEDAN.com, MEDAN - Puluhan penyembelih memenuhi pelataran Masjid Jamik Kebun Bunga, Jalan Taruma, Medan Petisah, Medan, Minggu (10/7/2022).

Ketua Yayasan India Muslim Sumut, Mohd Sidik Saleh mengungkapkan, meski di tengah maraknya wabah PMK, antusias masyarakat dalam berkurban tidaklah berkurang.

"Alhamdulillah tahun ini malah bertambah, tiap hewan kurban yang masuk sudah ada surat keterangan sehatnya. Jadi tidak perlu khawatir lagi kami panitia menerimanya," ungkap Sidik.

Pada tahun ini, Masjid Jamik menyembelih 10 ekor lembu dan empat ekor kambing. Jumlah ini mengalami peningkatan hewan kurban dibanding tahun sebelumnya.

"Untuk penyembelihan ini ada 10 ekor lembu dan empat ekor kambing. Tahun ini jadi lebih banyak bahkan ada satu ekor lembu Limosin yang bobotnya cukup besar," tuturnya.

Hewan kurban tersebut berasal dari pribadi dan instansi. Beberapa nama pejabat tinggi pun ikut serta menjadi Shohibul Qurban di mesjid ini. Salah satunya, Musa Rajekshah, Wakil Gubernur Sumatra Utara.

Masjid Jamik membagikan total 1.500 kupon tahun ini. Jumlah ini juga mengalami peningkatan dibandingkan biasanya hanya 1.200 kupon saja. Kupon tersebut akan dibagikan ke beberapa daerah, diantaranya Belawan, Binjai, Perbaungan, dan sekitaran Kota Medan.

"Tahun sebelumnya kita bagi 1.200 kupon, dan hari ini kita akan bagi 1.500 kupon yang akan kita bagikan ke daerah Belawan, Binjai, daerah Perbaungan, dan Kota Medan. Untuk sistemnya kita lihat dahulu yang kita bagikan kepada orang-orang di lingkungan sekitar, orang kampung, seperti di Belawan dan Binjai kita bagikan kepada orang-orang yang membutuhkan," ujarnya.

Puluhan warga tampak memadati pelataran masjid untuk menunggu pembagian jatah kurban dengan sistem pembagian kupon.

Baca juga: Kapolres Toba Berikan Kurban Kepada Masyarakat saat Idul Adha

Sembari menunggu tersedia juga hidangan makan siang bermenu kari kambing yang bisa dinikmati panitia kurban dan warga lingkungan sekitar mesjid.

Halaman
123
Sumber: Tribun Medan
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved