Berita Sergai

Mafia Tanah Diduga Ubah Hutan Lindung Jadi Cetak Sawah di Sergai, Kejati Periksa Sejumlah Orang

Kejaksaan Tinggi Sumatera Utara telah menemukan adanya dugaan tindak pidana dalam alih fungsi kawasan hutan lindung mangrove

Penulis: Anugrah Nasution | Editor: Tommy Simatupang
HO
Kejati Sumut melakukan investigasi lapangan di Desa Kota Pari, Pantai Cermin, Kabupaten Serdang Bedagai. 

TRIBUN-MEDAN. com, SERGAI - Kejaksaan Tinggi Sumatera Utara telah menemukan adanya dugaan tindak pidana dalam alih fungsi kawasan hutan lindung mangrove yang terdapat di Desa Kota Pari Kecamatan Pantai Cermin, Kabupaten Serdang Bedagai.

Pada temuannya, Kejati Sumut menemukan adanya kepemilikan lahan yang telah berubah menjadi cetakan sawah di dalam areal hutan lindung.

"Lokasinya terletak di Kecamatan Pantai Cermin tepatnya di Desa Kota Pari Informasi dari Tim, disebutkan sebahagian ada sawah," ujar Kasi Penkum Kejati Sumut Yos A Tarigan, Selasa (12/7/2022).

Yos mengatakan, ada dugaan tindak pidana dalam perkara tersebut yang merugikan negara.

Kata dia, saat ini Kejati Sumut masih melakukan investigasi lapangan untuk menghitung kerugian dan areal kawasan hutan yang telah berubah fungsi.

"Dugaan peristiwa pidana ada, salah satunya alih fungsi kawasan. Sejalan proses penyidikan kita akan lihat. Tim Pidsus tengah  bekerja menggali segala data fakta," ujar dia.

Yos mengatakan Kejati Sumut pada pekan kemarin telah melakukan pemeriksaan lapangan kawasan hutan lindung.

Kejati Sumut pun melakukan pengecekan dan penentuan titik koordinat di Kawasan Hutan Lindung yang berada di Desa Kota Pari Kecamatan Pantai Cermin.

Selain itu, Kejati Sumut juga telah memanggil sejumlah saksi pada instansi pemerintah terkait guna dimintai keterangan.

"Tim Pidsus Kejati Sumut sudah memintai keterangan terhadap beberapa saksi untuk mendapatkan informasi yang lebih komprehensif. Mulai dari BPN, Dinas Kehutanan, Pemkab Sergai serta saksi-saksi lainnya," sebut dia.

Halaman
12
Sumber: Tribun Medan
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved