Pemkab Dairi

Kementerian Bangun Toilet Premium Pertama Bagi Disabilitas di Taman Wisata Iman Kabupaten Dairi

Kehadiran toilet premium ini, kata Eddy sangat dibutuhkan mengingat Kabupaten Dairi masuk dalam kawasan Destinasi Pariwisata Super Prioritas (DPSP).

Penulis: Alvi Syahrin Najib Suwitra | Editor: Satia
TRIBUN MEDAN/ALVI
Bupati Dairi, Eddy Keleng Ate Berutu meninjau toilet premium bagi disabilitas di Taman Wisata Iman (TWI) Sitinjo, Rabu (17/7/2022). 

TRIBUN-MEDAN.COM, SIDIKALANG- Pemerintah Kabupaten Dairi dengan Balai Prasarana Permukiman Wilayah Sumatera Utara melakukan serah terima toilet premium yang telah selesai di bangun di Taman Wisata Iman (TWI) Sitinjo, Rabu (13/7/2022).

Bupati Dairi Dr Eddy Keleng Ate Berutu dan Kepala Balai Prasarana Permukiman Wilayah Sumatera Utara Syafriel Tansier secara langsung hadiri serah terima toilet kawasan strategis pariwisata nasional (KSPN).

Usai penandatanganan serah terima toilet premium, Bupati Dairi menyampaikan ucapan terimakasih kepada Kementrian PUTR dan jajaran terkait yang telah membangun toilet premium di salah satu objek wisata di Dairi.

Kehadiran toilet premium ini, kata Eddy sangat dibutuhkan mengingat Kabupaten Dairi masuk dalam kawasan Destinasi Pariwisata Super Prioritas (DPSP).

"Kita berharap para turis dari dalam negeri maupun luar negeri bisa mendapatkan pelayanan yang premium juga. Dan tadi sudah kami melihat keadaan toiletnya, memang premium, suasana yang membuat nyaman serta bersih. Ini luar biasa, kita akan kelola dengan sebaik baiknya," katanya.

Selain toilet premium, Eddy Berutu juga mengungkapkan, akan ada fasilitas ATM serta galeri untuk tempat souvenir bagi para pengunjung yang ingin membeli cinderamata.

"Kalau toilet ini kita gunakan dengan baik, maka akan semakin banyak wisatawan yang datang ke Dairi sehingga ekonomi akan bangkit, masyarakat juga akan sejahtera sesuai dengan misi kita Dairi Unggul mensejahterakan masyarakat," ucap pria yang pernah menjabat sebagai Direktur PT Prudential Life Assurance Indonesia di akhir pembicaraannya.

Syafriel Tansier dalam kesempatan tersebut mengatakan, toilet premium ini pertama yang di bangun di Sumatera Utara, sesuai dengan arahan dari kementrian.

Di mana, harus membangun toilet premium di kawasan wisata, seperti di Taman Wisata Iman Sitinjo, Kabupaten Dairi, Provinsi Sumatera Utara.

"Ini dibangun memang untuk kebutuhan walaupun sudah ada toilet di sini, namun toilet dimaksud belum mampu mendukung untuk kawasan wisata di lokasi ini," ucapnya.

Dengan dukungan dari Bupati Dairi Eddy Keleng Ate Berutu atas penyediaan lahan, Ia berharap toilet premium segera dimanfaatkan dan ditetapkan pengelolanya.

"Toilet ini semoga bisa bermanfaat bagi masyarakat serta dapat meningkatkan ekonomi masyarakat di sekitar lokasi wisata. Hadirnya toilet premium diharapkan juga bisa memberikan nilai jual ataupun nilai ekonomi yang lebih baik di kawasan wisata ini. Selain itu toilet ini ramah difabel," kata Syafriel di akhir pernyataannya.

(Cr7/Tribun-Medan.com

Sumber: Tribun Medan
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    Tribun JualBeli
    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved