Breaking News:

Pemkab Dairi

Lantik Kades Sitinjo, Bupati Dairi Eddy Berutu Minta Jangan Tiru Pejabat Sebelumnya yang Korupsi

Lebih jauh Eddy Berutu berpesan, agar kepala desa yang baru memahami peraturan agar hal-hal yang terlewat tidak terjadi kembali.

Penulis: Alvi Syahrin Najib Suwitra | Editor: Satia
TRIBUN-MEDAN/ALVI
Bupati Kabupaten Dairi Eddy Keleng Ate Berutu melantik Kepala Desa Pengganti Antar Waktu (PAW) Kepala Desa Sitinjo Olihin Kudadiri, di Kantor Camat Sitinjo, Selasa (12/7/2022). 

TRIBUN-MEDAN.COM, SIDIKALANG - Bupati Kabupaten Dairi Eddy Keleng Ate Berutu melantik Kepala Desa Pengganti Antar Waktu (PAW) Kepala Desa Sitinjo Olihin Kudadiri, di Kantor Camat Sitinjo, Selasa (12/7/2022).

Diketahui, kepala desa sebelumnya Darwin Alboin Kudadiri ditetapkan sebagai tersangka kasus korupsi pembangunan Kantor Pengadilan Agama (PA) dan di vonis 3,5 tahun penjara oleh Pengadilan tipikor Medan pada Kamis (21/10/2021).

Olihin Kudadiri dilantik Eddy Berutu sebagai PAW hingga 28 Desember 2023 mendatang.

Dalam arahannya, Bupati berpesan bahwa kewenangan kepala desa sangat tinggi.

Anggaran sudah diserahkan, kepada kades walau ada supervisi pada Badan Permusyawaratan Desa (BPD). 

"Jadi saya pesankan perlu jiwa kenegarawanan agar menggunakan wewenangnya sesuai porsinya. Lakukanlah pengeloaan keuangan, APBDes, Anggaran Dana Desa (ADD) dengan menajalankannya sesuai Peraturan Perundang-undangan yang berlaku jangan sampai jabatan ini menjadi alat penyalahgunaan wewenang, gunakan anggaran untuk untuk kesejahteraan masyarakat di desa saudara," pesan bupati tegas.

Lebih jauh Eddy Berutu berpesan, agar kepala desa yang baru memahami peraturan agar hal-hal yang terlewat tidak terjadi kembali.

"Ini pesan berdasarkan pengalaman yang sudah terjadi, dari pengalaman itulah pesan yang bisa saya sampaikan. Masalah hukum yang dialami pejabat lama itu adalah tanggung jawabnya secara pribadi. Seorang kepala desa harus jadi panutan, kades adalah milik rakyat, yang memiliki kemampuan dalam menghimpun kekuatan, menghimpun persatuan dan kesatuan," ucap bupati menambahkan.

Tidak lupa Bupati juga mengucapkan, terimakasih kepada seluruh pihak yang telah menyukseskan proses pemilihan kepala desa antar waktu ini, baik kepada Dispemdes, P2KD, BPD, warga masyarakat Desa Sitinjo, secara  khusus kepada Herdi Sidebang yang menjadi Pelaksana tugas kades sebelum kades PAW dilantik.

"Saya ingin sampaikan terimakasih kepada pejabat Herdi Sidebang, yang telah melakukan tugas hingga pelaksanaan hari ini. Walau ada riak-riak dalam proses sebelumnya, semua masih tahap wajar, saya yakin P2KD sudah melakukan tugas dengan baik. Apa kekurangan kita agar kita evaluasi.Tali silaturahmi jangan putus dengan transisi ini. Mari jalin kembali tali silatirahmi, bersama-sama memberi pemikiran dalam program pembangunan," ucap bupati mengakhir pesannya.

(Cr7/Tribun-Medan.com

Sumber: Tribun Medan
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved