Hibahkan Lahan

Pemkab Simalungun Hibahkan Tanah Seluas 8.264 Meter untuk Bangun Timbangan di Jalan Lintas Parapat

Pemkab Simalungun hibahkan tanah seluas tanah seluas 8.264 meter persegi guna pembangunan timbangan

Penulis: Alija Magribi | Editor: Array A Argus
HO
Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Simalungun menghibahkan aset daerah berupa tanah seluas 8.264 meter persegi yang berlokasi di Dolok Parmonanggan Kecamatan Dolok Panribuan, Kabupaten Simalungun, kepada Kementerian Perhubungan. (Kemenhub) RI. Pada tanah tersebut akan dibangun timbangan kendaraan. 

TRIBUN-MEDAN.COM,SIMALUNGUN- Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Simalungun menghibahkan aset daerah berupa tanah seluas 8.264 meter persegi yang berlokasi di Dolok Parmonanggan Kecamatan Dolok Panribuan, Kabupaten Simalungun, kepada Kementerian Perhubungan (Kemenhub) RI.

Pada tanah tersebut akan dibangun timbangan kendaraan.

Penyerahan hibah aset daerah dilaksanakan dengan serah terima berita acara dan naskah perjanjian hibah daerah oleh Bupati Simalungun, Radiapoh Hasiholan Sinaga, kepada Kepala Balai Pengelola Transportasi Darat (BPTD) Wilayah II Sumut, Batara Pardede, di rumah dinas Wakil Bupati Simalungun Jln Suri-suri Pamatang Simalungun Kecamatan Siantar Kabupaten Simalungun.

Bupati Simalungun Radiapoh Hasiholan Sinaga menyampaikan, Pemkab Simalungun sangat mendukung program Kementerian Perhubungan untuk turut serta memberikan pengawasan terhadap infrastruktur jalan di wilayah Kabupaten Simalungun, terutama jalan menuju objek wisata nasional Danau Toba.

"Ini merupakan kehormatan bagi Simalungun, sebab Kementerian Perhubungan mau menempatkan program nya di sini. Jadi ini juga sebagai salah satu upaya pemerintah dalam merawat jalan. Jika jalan tidak ada perawatan percuma, ketika kita mau membangun tapi persoalannya tidak kita atasi," kata Bupati dalam sambutannya, Kamis (14/7/2022).

Disampaikan Bupati, Kementerian Perhubungan telah menunjukkan sikapnya terkait jalan provinsi yang kerap kali dilalui oleh kendaraan yang bermuatan over tonase. 

Nantinya, tanah yang dihibahkan kepada Kementerian Perhubungan itu, direncanakan akan dibangun timbangan untuk kendaraan. Timbangan tersebut akan bekerja mengangkut truk berkapasitas besar yang melintas di jalur diagonal Sumut. 

"Kami sangat sangat mendukung Kementerian Perhubungan untuk membangun timbangan bagi pengguna jalan. Dan kami berharap timbangan ini dapat mengontrol pengguna jalan," ucap Bupati.

Sementara itu, Kepala Balai Pengelola Transportasi Darat (BPTD) Wilayah II Sumut, Batara Pardede merasa berterima kasih dengan niatan Kemenhub yang diamini Pemkab Simalungun.

Apalagi berdasarkan catatan Kemenhub, saat ini masih banyak truk yang panjang dan tingginya tidak sesuai. 

“Kondisi ini membuat sering terjadi kecelakaan,” kata Batara.

Adanya timbangan truk di kawasan Danau Toba ini akan melengkapi aturan yang sudah dibuat Kemenhub sebelumnya di jalur Medan - Berastagi sesuai Permenhub Nomor 75 Tahun 2021 tentang pengaturan lalu mobil lintas barang di ruas jalan batas Medan-Brastagi.

Serah terima hibah aset ini juga dihadiri Dandim 0207/Sml Letkol Inf Handrianus Yossy, Ketua PN Nurnaningsih Amriani, Ketua DPRD Timbul Jaya Sibarani, para Asisten dan sejumlah pimpinan OPD di Lingkungan Pemkab Simalungun.

Selain itu hadir juga Kasi Sarana dan Prasarana BPTD Wilayah II Sumut Santri Aang Amin Abidin dan Pengelola Aset BPTD Wilayah II Sumut Irham.(alj/tribun-medan.com)

Sumber: Tribun Medan
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved