Mafia Tanah

Kawasan Hutan Lindung Jadi Lahan Pribadi di Sergai, Kepala Desa: Dulu Itu Tambak Udang

Kejati Sumut tengah mengusut kasus perambahan hutan lindung yang terdapat di Dusun XI, Desa Kota Pari, Kecamatan Pantai Cermin, Kabupaten Sergai

Penulis: Anugrah Nasution | Editor: Array A Argus
TRIBUN MEDAN/ANUGRAH NASUTION
Lokasi kawasan hutan lindung di Dusun XI, Desa Kota Pari, Kecamatan Pantai Cermin, Kabupaten Serdang Bedagai terlihat ditanami pohon pisang, kelapa dan buah naga. /Anugrah Nasution. 

TRIBUN-MEDAN.COM,SERGAI - Kejaksaan Tinggi Sumatera Utara (Kejatisu), tengah mengusut kasus perambahan hutan lindung yang terdapat di Dusun XI, Desa Kota Pari, Kecamatan Pantai Cermin, Kabupaten Serdang Bedagai.

Pada temuannya, Kejati Sumut menemukan adanya kepemilikan lahan di areal yang semestinya adalah hutan lindung.

Dalam hal itu, Kejati Sumut menduga ada tindak pidana alih fungsi kawasan hutan menjadi tanah areal kepemilikan pribadi.

Abdul Khair, Kepala Desa Kota Pari mengatakan, alih fungsi kawasan di daerahnya yang menurut Dinas Kehutanan merupakan kawasan hutan lindung telah terjadi sekitar tahun 1989 lalu.

Khair menyebutkan, dahulunya kawasan itu adalah tanah garapan yang dijadikan masyarakat tempat bercocok tanam.

Tanah itu kemudian dijual belikan kepada seorang pengusaha asal Medan untuk dijadikan tambak udang.

"Kalau masalah itu, sekitar tahun 1989 itu ada pembukaan tambak udang. Jadi pengusaha pengusaha itu belik (tanah) sama masyarakat buat tambak udang. Kalau dulunya itu dari kata kakek kita itu tanah garapan masyarakat," kata Abdul Khair kepada Tribun, Kamis (14/7/2022).

Namun, pada tahun 2000, usaha tambak udang tutup karena bangkrut.

Lahan itu pun kemudian berubah menjadi areal perkebunan.

"Tahun 2000 tambak udang itu bangkrut, jadi pengusaha itu tidak buat tambak lagi jadi tanam sayur. Tahun 2003 baru itu ada HGU nya," sebut dia.

Halaman
1234
Sumber: Tribun Medan
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved