Breaking News:

Pemkab Dairi

Bunda PAUD Kabupaten Dairi Singgung Kejahatan Pada Anak, Sebut Kejahatan Terjadi Pada Orang Sekitar

Pembukaan Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) tersebut, kali pertama dilakukan bagi masyarakat sekitar, sejak 40 tahun lamanya.

Editor: Satia
TRIBUN/ALVI
Bunda PAUD Kabupaten, Romy Mariani Eddy Berutu membuka pendidikan PAUD pertama di Desa Lau Molgap Kabupaten Dairi.  

TRIBUN-MEDAN.COM, TIGALINGGA - Ketua PKK Kabupaten Dairi Romy Mariani Eddy Berutu membuka Sekolah PAUD Martabe, yang berada di Desa Lau Molgap Kecamatan Tigalingga Kabupaten Dairi, Jumat (15/7/2022).

Pembukaan Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) tersebut, kali pertama dilakukan bagi masyarakat sekitar, sejak 40 tahun lamanya.

"Sejak 40 tahun, jadi ini merupaka sejarah bagi masyarakat. Ini adalah prestasi yang sudah lama ditunggu tunggu," Ujar Romy yang juga menjabat sebagai Bunda PAUD Kabupaten Dairi.

Dikatakannya, pendidikan PAUD sangat penting bagi tumbuh kembang anak, karena ditempat itulah anak - anak akan diajarkan tentang kesiapan mentalnya untuk masuk ke pendidikan formal yakni tingkat SD.

"Jadi ditempat ini anak - anak bukan harus pandai membaca, menulis, tapi di tempat inilah bagaimana kita mengajarkan mental kepada sang anak. Disini lah tempat mereka bermain sambil belajar," Ungkapnya.

Selain itu, pendidikan PAUD juga memiliki banyak manfaatnya, dimana salah satunya menjaga anak untuk tidak menjadi korban kekerasan.

"Sebagian korban kekerasan pada anak itu terjadi dengan pelaku orang sekitarnya. Baik itu ketika orangtuanya pergi berladang, ataupun bekerja. Jadi tempatkan saja mereka di lokasi ini untuk bermain dengan anak seusianya. Nah, ketika sudah pulang sekolah, orangtuanya pun sudah menunggu dirumah," Terangnya.

Saat ini, Pemerintah Kabupaten sedang menggalakkan visi yakni '1 Desa 1 PAUD', dimana hal ini bertujuan sebagai persiapan awal yang mana nantinya persyaratan masuk tingkat sekolah dasar harus tamatan dari tingkat PAUD.

"Sekarang ini kita sedang mempersiapkan untuk pembangunan PAUD yang ada di setiap desa. Kita ingin anak - anak yang berada di satu desa, tidak perlu jauh - jauh ke desa lainnya untuk masuk PAUD," Ungkapnya.

Ditempat terpisah, sebanyak 4 PAUD yang berada di Desa Tanah Pinem Kecamatan Tanah Pinem mendapatkan bantuan CSR dari PT Inpola Meka Energi Gunung.

Halaman
12
Sumber: Tribun Medan
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved