Fasilitasi UMKM Go Global, W20 Summit Hadirkan Investor dari 16 Negara

terdapat delapan poin penting communique W20, salah satunya mengenai mengalokasian minimum 1 persen dari pajak global

Penulis: Angel aginta sembiring | Editor: Eti Wahyuni
Tribun Medan
Konferensi pers Pembukaan W20 Summit di Hotel Niagara, Parapat, Senin (18/7/2022). Kegiatan W20 Summit merupakan momen yang ditunggu-tunggu di mana Kawasan Danau Toba menjadi sorotan dari penjuru nasional maupun internasional. 

TRIBUN-MEDAN.com, MEDAN - Pertemuan Women (W20) Summit yang berlangsung di Hotel Niagara Parapat, Kabupaten Simalungun dimulai Senin (18/7) sampai Kamis (21/7/2022) mendatang.

Ada pun kegiatan W20 Summit merupakan momen yang ditunggu-tunggu di mana Kawasan Danau Toba dimana menjadi sorotan dari penjuru nasional maupun internasional.

Sejalan dengan hal tersebut, maka baik secara perekonomian, pariwisata, UMKM, dan ujungnya nanti yakni pembukaan lapangan pekerjaan akan bertumbuh di sekitar daerah Danau Toba.

Chair W20 Indonesia, Hadriani Uli Silalahi mengatakan, terdapat delapan poin penting communique W20, salah satunya mengenai mengalokasian minimum 1 persen dari pajak global baru yang didukung oleh OECD dan G20 pada tahun 2021.

Hal tersebut untuk membantu mendanai dan meningkatkan UMKM yang dimiliki dan dipimpin perempuan. Serta meningkatkan infrastruktur inklusif di daerah pedesaan sebesar 25 persen pada tahun 2022.

Baca juga: W20 Summit Danau Toba, Dian Siswarani: Isu Prioritas Mengenai Kesetaraan Hingga UMKM Milik Perempuan

"Mengenai perekonomian inklusif ekonomi, W20 bersama Kabid Pariwisata Ekonomi Kreatif mengundang beberapa asosiasi UMKM Se-Sumut untuk hadir," ujarnya dalam konferensi pers, Senin (18/7/2022).

Ia mengatakan, ada pun tipe UMKM yang diundang terbagi menjadi dua tipe yakni pelaku UMKM umum yang akan digelar hari ini, Selasa (19/7) di sekitar lokasi pertemuan W20. Serta pelaku UMKM yang khusus bergerak di bidang pariwisata yang akan digelar di The Kaldera Toba, pada Rabu (20/7/2022).

"Kita mau UMKM bangkit. Karena potensi di sini luar biasa.Oleh sebab itu kami ingin menunjukkannya kepada seluruh dunia," tuturnya.

Disebutkannya, ada banyak sekali hal yang bisa dikembangkan, sehingga dari hal tersebut terjadi ketertarikan kesepakatan dan penandatanganan oleh investor dari 16 negara yang akan hadir.

"Karena selain membawa UMKM, kita juga membawa investor yang kalau mereka tertarik dengan potensi yang ada, mereka menanamkan modal pada usaha UMKM tersebut dan ini dilaksakan pada Rabu nanti tempatnya di The Kaldera Toba, " imbuhnya.

Halaman
12
Sumber: Tribun Medan
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved