Kopi Joss Hadir pada Kompetisi Barista di Grand Mercure

Pada ajang kompetisi ini, Grand Mercure Medan Angkasa menyediakan kopi Joss yang bisa dinikmati secara gratis oleh para pengunjung

Penulis: Husna Fadilla Tarigan | Editor: Eti Wahyuni
Tribun Medan
Proses pembuatan kopi Joss di Grand Mercure Medan Angkasa, Senin (18/7/2022). Tampak barista sedang membakar arang briket kemudian akan dimasukkan ke dalam kopi yang sudah dimasak sebelumnya sehingga menimbulkan suara “joss”. 

TRIBUN-MEDAN.com, MEDAN - Sebagai salah satu kopi andalan, Grand Mercure Medan Angkasa menghadirkan Kopi Joss dalam ajang bergengsi Barista Competition Road To North Sumatera dengan tema Produk Nusantara di Kisah Kafe Poolside, Senin (18/7/2022).

Pada ajang kompetisi ini, Grand Mercure Medan Angkasa menyediakan kopi Joss yang bisa dinikmati secara gratis oleh para pengunjung.

Kopi Joss merupakan kopi hitam yang disajikan dengan arang dipanggang. Disebut Kopi Joss karena pada saat arang panas dimasukkan ke dalam kopi, maka akan mengeluarkan suara “josss”. Kopi Joss sendiri merupakan kopi seduhan khas yang berasal dari Yogyakarta.

Anda tak perlu khawatir karena arang yang digunakan adalah arang sehat briket hasil dari produksi UMKM. Arang tersebut mengandung karbon aktif yang baik untuk kesehatan seperti dapat membantu mengobati sakit maag, sariawan, dan masuk angin. Selain itu, arang juga dapat mengurangi kadar kafein yang terkandung di dalam kopi.

Baca juga: Wakil Wali Kota Berburu Arabian Food, 82 Tenant Hadir di Festival Kuliner Medan

Adinto Sassonggo, Food & Beverage Director Grand Mercure Medan Angkasa mengungkapkan bahwa ini adalah kesempatan yang luar biasa bisa memperkenalkan Kopi Joss kepada masyarakat Medan.

“Suatu kesempatan yang luar biasa sekali kami dapat memperkenalkan Kopi Joss kepada tamu-tamu dan peserta di ajang Barista Competition. Banyak yang antusias dengan proses penyajiannya yang masih sangat tradisional mulai dari perebusan kopi hingga pembakaran arang," ujar Adinto.

Adinto berharap kopi ini bisa viral, dengan tujuan meningkatkan produksi UMKM arang briket.

"Di sisi lain saya berharap kopi ini bisa viral, sehingga dapat membantu meningkatkan produksi UMKM arang briket sehat sebagai bahan utama Kopi Joss," tuturnya.

Abdul, SPV Barr Kisah Kafe Poolside mengatakan, dengan keunikan rasa dan cara penyajiannya, barista Grand Mercure Medan Angkasa menyajikan Kopi Joss sebagai kopi andalan yang dapat dinikmati di Kisah Kafe Poolside.

"Grand Mercure memilih kopi Joss sebagai kopi dengan seduhan tradisional yang ada di hotel. Nah, Grand Mercure sendiri tidak menutup akses untuk pengunjung luar bisa menikmati Kopi Joss di kafe kita," jelasnya.

Halaman
12
Sumber: Tribun Medan
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    Tribun JualBeli
    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved