Siswa Antusias Belajar Tatap Muka, Sekolah Tetap Berlakukan Protokol Kesehatan

Pembelajaran sudah full tatap muka, tapi tetap jaga protokol kesehatan, apalagi di dalam kelas, wajib memakai masker

Penulis: Husna Fadilla Tarigan | Editor: Eti Wahyuni
TRIBUN MEDAN/RECHTIN HANI RITONGA
Simulasi atau uji coba sekolah tatap muka beberapa waktu lalu di Medan. 

TRIBUN-MEDAN.com, MEDAN - Memasuki tahun ajaran baru 2022/2023, sejumlah sekolah di Medan sudah mulai memberlakukan sistem belajar tatap muka.

Salah satunya SMA ST Ignasius Medan. Meski pun sistem pembelajaran sudah tatap muka, sekolah tetap ketat mengenai penggunaan masker dan kebersihan sekolah.

"Pembelajaran sudah full tatap muka, tapi tetap jaga protokol kesehatan, apalagi di dalam kelas, wajib memakai masker," ujar Darliah seorang guru di SMA ST Ignasius Medan.

Aturan PTM di sekolah perlu kembali dicermati karena belakangan kasus Covid-19 kembali tinggi. Sejak pertengahan Juni 2022, jumlah kasus baru Covid-19 per hari kembali ke level ribuan.

Pemerintah juga telah menyesuaikan aturan pelaksanaan PTM di sekolah yang diatur dalam Surat Keputusan Bersama (SKB) 4 Menteri.

Baca juga: Kanwil Kemenkumham Sumut Matangkan Persiapan Tes Kesehatan Sekolah Kedinasan POLTEKIP dan POLTEKIM

Pada penyesuaian kali ini, penyelenggaraan PTM dilaksanakan berdasarkan level PPKM yang ditetapkan pemerintah pusat melalui Instruksi Menteri Dalam Negeri (Inmendagri) terbaru dan capaian vaksinasi dosis lengkap (2 dosis).

Untuk cakupan vaksinasi dihitung pada kalangan Pendidik dan Tenaga Kependidikan (PTK) serta masyarakat lanjut usia (Lansia) di wilayah tersebut.

Dikutip dari laman Kemendikbud, Muhammad Hasbi mengatakan, pembelajaran tatap muka (PTM) secara langsung antara guru dengan murid merupakan strategi yang paling efektif dalam memulihkan pendidikan di Indonesia dibandingkan dengan strategi pembelajaran lain seperti pembelajaran jarak jauh (PJJ), Kamis (14/7/2022).

"Untuk itu pemerintah melakukan penyesuaian terhadap Surat Keputusan Bersama (SKB) 4 Menteri terkait dengan Panduan Pembelajaran di Masa Pandemi Covid-19. Dalam penyesuaian SKB ini, pemerintah mendorong sekolah untuk mengoptimalkan PTM 100 persen," ujarnya.

Kendati demikian Hasbi mengatakan hal penting yang harus dilakukan sekolah dalam menyelenggarakan PTM 100 persen adalah terus menerus menyosialisasikan penerapan protokol kesehatan kepada peserta didik.

Halaman
12
Sumber: Tribun Medan
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved