Breaking News:

Kasus Korupsi

KEJARI Sergai Periksa 60 Orang terkait Kasus Korupsi Asuransi Usaha Tani Padi Tahun 2020

Kejaksaan Negeri Kabupaten Serdang Bedagai telah memeriksa 60 orang dalam kasus dugaan mark up klaim dana anggaran Asuransi Usaha Tani Padi 2020.

TRIBUN MEDAN/ANUGRAH NASUTION
Kepala Kejaksaan, M Amin saat menyampaikan pengungkapan kasus korupsi yang melibatkan oknum Pegawai Negeri Sipil (PNS) di Dinas Pertanian Pemkab Sergai, PR Nasution, Senin (25/7/2022). 

TRIBUN-MEDAN.com, SERGAI - Kejaksaan Negeri Kabupaten Serdang Bedagai telah memeriksa 60 orang dalam kasus dugaan mark up klaim dana anggaran Asuransi Usaha Tani Padi (AUTP) Tahun 2020, Dinas Pertanian Kabupaten Sergai yang merugikan negara Rp 500 juta.

Kepala Kejaksaan Kabupaten Serdang Bedagai, M Amin menyebutkan, saat ini pihaknya telah menahan PR Nasution (56) seorang PNS di Dinas Pertanian Sergai.

Selain tersangka, Kejaksaan juga telah memeriksa sejumlah orang termasuk dari PT Jasindo sebagai perusahaan asuransi yang melakukan pencairan dana Asuransi Usaha Tani Padi tahun 2020.

"Saat ini proses penyelidikan masih berlangsung, dan sejauh ini sudah 60 orang kita periksa dalam kasus tersebut. Yang dari Asuransi Jasindo juga sudah kita periksa," kata Amin, Senin (25/7/2022).

Baca juga: SAKSI Ahli Dihadirkan dalam Dugaan Korupsi Gas 3 Kg Labuhanbatu, Rugikan Negara hingga Rp 327 Juta

Amin menyebutkan, dalam perkara asuransi ganti rugi lahan pertanian oleh Dinas Pertanian melalui Asuransi Jasindo, Kejaksaan menemukan kelebihan pembayaran klaim asuransi usaha tani kepada 12 kelompok tani.

Amin melanjutkan, ada kelebihan pembayaran dengan tujuan menguntungkan diri sendiri dalam pengelolaan Sumber Dana Direktorat Jenderal Prasarana dan Sarana Pertanian (PSP) Kementrian Pertanian Republik Indonesia itum

Kejaksaan lanjut Amin meyakinkan pada kasus tersebut akan ada pihak lainya yang akan menyusul sebagai tersangka.

"Tidak menutup kemungkinan akan ada tersangka baru lagi dalam kasus ini," kata Amin.

Sebelumnya Kejaksaan Negeri Serdang Bedagai (Kejari Sergai), meningkatkan status penanganan perkara tindak pidana korupsi dugaan mark up dana Asuransi Usaha Tani Padi (AUTP) tahun 2020 di lingkungan Dinas Pertanian Kabupaten Sergai.

Baca juga: ANGKA Covid 19 di Karo Bertambah dalam Sepekan Terakhir, Tiga Orang Terpapar

Penyelidikan itu berdasarkan surat perintah penyidikan nomor 01/L.2.29/Fd.1/01/2022 tanggal 27 Januari 2022.

Halaman
12
Sumber: Tribun Medan
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved