Pemkab Dairi

Pemkab Dairi Bangun Gedung Perpustakaan Senilai Rp 9,8 Miliar, Ini Harapan Bupati Eddy Berutu

Eddy mengatakan, pembangunan layanan perpustakaan ini untuk memenuhi kebutuhan informasi dan pengetahuan secara lengkap dan luas kepada masyarakat

Penulis: Alvi Syahrin Najib Suwitra | Editor: Satia
TRIBUN MEDAN/ALVI
Bupati Dairi, Eddy Keleng Ate Berutu saat meletakkan batu pertama dalam pembangunan gedung Perpustakaan, di Taman Rekreasi Sidikalang, Senin (25/7/2022).   

TRIBUN-MEDAN.COM, SIDIKALANG - Pemerintah Kabupaten Dairi akan membangun gedung perpustakaan berlantai 3, di Taman Rekreasi Sidikalang, Senin (22/7/2022).

Pembangunan itu resmi dimulai, saat Bupati Dairi Eddy Keleng Ate Betutu didampingi Kepala Dinas Perpustakaan dan Arsip Marisi Sianturi, meletakkan batu pertama tanda dimulai pembangunan tersebut.

Eddy Keleng Ate Berutu mengatakan, pembangunan layanan perpustakaan ini untuk memenuhi kebutuhan informasi dan pengetahuan secara lengkap dan luas kepada masyarakat.

“Tempat ini kita harapkan bukan hanya untuk membaca, tetapi menjadi tempat diskusi, menggali informasi, membicarakan dan membahasnya. Misalnya, satu buku  bisa dibahas secara bersama-sama disini melalui kelompok kecil sehingga bisa menginspirasi yang lain” katanya.

Eddy menyebut, lokasi ini merupakan fasilitas umum, artinya dapat digunakan oleh semua kalangan, sebab perpustakaan ini akan didesain ramah disabilitas dan lansia.

Nantinya, kata Eddy Berutu, ruangan perpustakaan bukan hanya ruang baca umum atau tempat baca bagi anak, tapi ada tempat makan/cafe tempat diskusi.

Namun akan ada, ruang audio visual, ruang serbaguna semuanya kita sajikan secara lengkap menjadi satu, sangat strategis dan kita upayakan senyaman mungkin.

"Mudah-mudahan gedung perpustakaan ini jadi referensi dalam tempat meningkatkan kualitas SDM bagi masyarakat Kabupaten Dairi. Saya berharap pekerjaan bisa selesai tepat waktu, tentunya dengan selalau mengutamakan keselamatan kerja,” kata bupati mengakhiri.

Senada dengan Eddy, Anggota DPRD, Manat Sigalingging berharap kontraktor yang menjadi rekana pemerintah dalam pekerjaan ii diharapkan mampu memenuhi ketentuan ndurasi pekerjaan yang telah ditentukan.

"Bangunan ini menelan biaya besar, jadi saya harpkan penyelesaian pekerjaan bisa tepat waktu dengan kualitas pekerjaan yang baik, tentunya dengan dukungan anggaran yang juga tepat waktu dari pemerintah, dan difungsikan dengan sebaik-baiknya,' ujar Manat.

Manat Sigalingging, juga berharap semoga lewat pembangunan perpustakaan ini menumbuhkan semangat siswa gemar membaca.

Sebelumnya dalam laporannya, Kepala Perpustakaan dan Arsip, Marisi Sianturi melaporkan, dana pembangunan perpustakaan bersumber dari anggaran pendapatan belanja daerah (APBD) Dairi tahun 2022 melalui dana alokasi khusus (DAK) sebesar Rp 9,876 miliar.

(Cr7/Tribun-Medan.com

 

  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved