Berita Sergai

Bupati Sergai Bakal Terbitkan Perbup Wajib Bisa Baca Alquran Masuk SMP, Ketua DPRD: Cukup Baik

Ketua DPRD Kabupaten Serdang Bedagai M Riski Ramadhan Hasibuan menanggapi adanya wacana Bupati Sergai Darma Wijaya untuk membuat Peraturan Bupati

Penulis: Anugrah Nasution | Editor: Tommy Simatupang
HO
Ketua DPRD Kabupaten Serdang Bedagai, M Riski Ramadhan Hasibuan 

TRIBUN-MEDAN.com, SERGAI - Ketua DPRD Kabupaten Serdang Bedagai M Riski Ramadhan Hasibuan menanggapi adanya wacana Bupati Sergai Darma Wijaya untuk membuat Peraturan Bupati (Perbub) membaca Alquran sebagai syarat siswa SD dapat melanjutkan SMP.

Menurutnya rencana tersebut cukup masuk akal untuk dapat memberikan bekal pendidikan karakter bagi siswa di tengah kemajuan teknologi.

"Menurut saya langkah yang disampaikan Bupati Serdang Bedagai cukup baik. Tentunya dalam hal membentuk pendidikan karakter dan pembekalan agama dengan semakin canggih teknologi, pembekalan agama dalam hal pendidikan wajib diperkuat," kata Rizky kepada Tribun, Rabu (27/7/2022).

Meski begitu kata politisi Partai Gerindra itu, aturan tersebut perlu ada penyesuaian melihat Kabupaten Sergai juga didiami oleh berbagai etnis dan kepercayaan agama lainya.

Rizky menyatakan rencana pembuatan aturan tersebut tetap harus bertopang pada prinsip-prinsip kemajemukan dan toleransi antar umat beragama.

"Tentunya kami akan berdiskusi dengan pemerintah daerah sehingga aturan yang dilahirkan menyentuh dengan semua kalangan umat beragama khususnya di Kabupaten Serdang Bedagai," kata dia.

Rizky pun menyebutkan, DPRD siap membantu Pemkab Sergai jika nantinya rencana penerbitan Perbup tersebut diserahkan kepada pihaknya.

Tak lupa dia mengingatkan agar rencana tersebut dapat disusun dengan baik sehingga tujuan dari peraturan tersebut dapat dirasakan manfaatnya.

Termasuk soal belajar membaca Al-Quran bagi siswa SD dan kesejahteraan bagi guru mengaji.

"Namun kita juga harus melihat kondisi wilayah dan juga adat istiadat dan menjunjung tinggi toleransi antar umat beragama. Konsep baik tentunya akan didukung dan DPRD pastinya kami akan memberikan saran dan masukan sehingga tujuan menjadikan Kabupaten Sergai maju terus dapat terwujud," kata dia.

Halaman
12
Sumber: Tribun Medan
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved