Perbup Baca Alquran

Tanggapan Ketua DPRD Sergai Soal Wacana Bupati Baca Alquran Jadi Syarat Siswa Lanjut SMP

Ketua DPRD Sergai, M Rizki Ramadhan Hasibuan angkat bicara soal wanacana aturan baru mengenai baca Alquran jadi syarat siswa SD lanjut SMP

Penulis: Anugrah Nasution | Editor: Array A Argus
HO
Ketua DPRD Kabupaten Serdang Bedagai, M Riski Ramadhan Hasibuan 

TRIBUN-MEDAN.COM,SERGAI- Ketua DPRD Sergai, M Rizki Ramadhan Hasibuan angkat bicara, soal adanya wacana Bupati Sergai, Darma Wijaya untuk membuat Peraturan Bupati (Perbub) membaca Alquran sebagai syarat siswa Sekolah Dasar (SD) dapat melanjutkan Sekolah Menengah Pertama (SMP). 

Menurut Rizki, memang rencana ini bagus dan masuk akal.

Tujuannya, untuk memberikan bekal pendidikan karakter bagi siswa di tengah kemajuan teknologi.

Namun, lanjut Rizki, di sisi lain, bahwa Kabupaten Sergai dihuni oleh multi etnis dan agama. 

Baca juga: Bupati Sergai Bakal Terbitkan Perbup Wajib Bisa Baca Alquran Masuk SMP, Ketua DPRD: Cukup Baik

Sehingga, politisi Partai Gerindra ini meminta agar aturan yang mau dibuat itu harus bertopang pada prinsip-prinsip kemajemukan dan toleransi antar umat beragama. 

"Tentunya kami akan berdiskusi dengan pemerintah daerah, sehingga aturan yang dilahirkan menyentuh dengan semua kalangan umat beragama, khususnya di Kabupaten Serdang Bedagai," kata Rizki, Rabu (27/7/2022).. 

Rizky pun menyebut bahwa DPRD Sergai siap membantu Pemkab Sergai jika nantinya rencana penerbitan Perbup tersebut diserahkan kepada pihaknya. 

Tak lupa, dia mengingatkan agar rencana tersebut dapat disusun dengan baik, sehingga tujuan dari peraturan itu dapat dirasakan manfaatnya. 

Termasuk soal belajar membaca Alquran bagi siswa SD dan kesejahteraan bagi guru mengaji. 

Baca juga: Bupati Sergai Darma Wijaya Rencanakan Syarat Masuk SMP Harus Mampu Baca Alquran

"Namun kita juga harus melihat kondisi wilayah dan juga adat istiadat dan menjunjung tinggi toleransi antar umat beragama. Konsep baik tentunya akan didukung DPRD. Pastinya kami akan memberikan saran dan masukan, sehingga tujuan menjadikan Kabupaten Sergai maju terus dapat terwujud," kata dia. 

Sebelumnya Bupati Serdang Bedagai Darma Wijaya memunculkan  wacana bagi pelajar yang melanjutkan pendidikan ke SMP harus mampu membaca Alquran.

Hal itu sebagai persyaratan bagi setiap pelajar yang berada di Sergai. 

Pernyataan itu disampaikan oleh Bupati Sergai Darma Wijaya saat bertemu dengan pengurus bilal mayit di Kecamatan Sei Rampah, Kabupaten Serdang Bedagai, Senin (25/7/2022).

“Bisa membaca Alquran hendaknya menjadi salah satu syarat bagi lulusan Sekolah Dasar sederajat, saat akan mendaftar ke Sekolah Menengah Pertama (SMP) sederajat di Kabupaten Serdang Bedagai," ujar Darma Wijaya. 

Baca juga: Sebelum Meninggal di Pelukan Ibu, Bocah SD Binjai Diduga Digebuki Teman Sekelas Lama Menatap Alquran

Darma optimistis kebijakan itu bisa segera diberlakukan secepatnya.

Hal itu kata dia untuk mendukung Pemerintah Kabupaten Sergai yang maju, mandiri, dan religius.

"Program yang kami buat ini sebagai upaya dalam mewujudkan visi Kabupaten Sergai yang maju terus, mandiri, sejahtera dan religius,” ujarnya.(cr17/tribun-medan.com) 

Sumber: Tribun Medan
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved