Aktivitas Galian C

Galian C di Kabupaten Sergai Jadi Sumber Bencana, Bikin Banjir dan Sesak Napas Warga

Keberadaan galian C di antara Desa Pertapaan dan Desa Meriah Padang, Kecamatan Tebing Tinggi, Kabupaten Sergai jadi sumber bencana

Penulis: Fredy Santoso | Editor: Array A Argus
TRIBUN MEDAN/ATUM
Aktivitas galian C di Dusun Perbatasan, Desa Pertapaan dan Desa Meriah Padang, Kecamatan Tebing Tinggi, Kabupaten Sergai disebut warga sebagai sumber bencana. Keberadaan galian C ini tak jelas izin usahanya. 

TRIBUN-MEDAN.COM, SERGAI - Aktivitas galian C di antara Desa Pertapaan dan Desa Meriah Padang, persisnya di Dusun Perbatasan, Kecamatan Tebing Tinggi, Kabupaten Sergai meresahkan masyarakat.

Pasalnya, keberadaan galian C ini dianggap menimbulkan bencana dan penyakit pernapasan di tengah warga.

Menurut R Harahap, warga di sekitar lokasi galian C, keberadaan proyek yang tak jelas izinnya itu bisa memicu banjir di permukiman masyarakat.

Selain itu, keberadaannya juga menjadi sumber penyakit, karena jika musim kemarau, debu dari lokasi galian C beterbangan ke permukiman masyarakat.

Baca juga: Galian C Marak di Pantai Cermin, Diduga Milik Kades dan Disebut Dibekengi Oknum Babinsa

"Kami juga heran, kenapa semua aparat penegak hukum mulai dari Polda Sumut, Polres, Polsek atau Kejaksaan diam saja. Padahal keberadaan galian C ini sudah sangat meresahkan," kata R Harahap, Kamis (28/7/2022) kemarin.

Ia berharap, pemerintah daerah juga bisa meninjau lokasi ini.

Apakah galian C ini sudah ada izinnya, atau justru ilegal.

Kalau terbukti ilegal, kata Harahap, sudah semestinya ditindak, karena merugikan masyarakat.

Harahap sempat curiga, bahwa material galian C ini dipergunakan untuk material penimbunan pembangunan jalan tol Tebing Tinggi – Pematangsiantar (Zona 1).

Baca juga: Grebek Persembunyian Samsul Tarigan di Sky Garden, Polisi Tak Temukan DPO Kasus Galian C Ilegal

Bila hal itu benar adanya, Harahap juga bertanya-tanya, apakah pihak PT Hutama Karya mau menerima begitu saja tanah timbun yang dicurigai ilegal tersebut.

Halaman
12
Sumber: Tribun Medan
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved