Pajak Racun Api

Pemakaian Racun Api Sudah Kena Retribusi, Damkar Deliserdang Yakin Capai Target 150 Persen

Mulai saat ini, setiap pengguna racun api akan dikenakan retribusi oleh Pemkab Deliserdang. Pertahun dikutip Rp 35 ribu

Penulis: Indra Gunawan | Editor: Array A Argus
TRIBUN MEDAN/INDRA GUNAWAN SIPAHUTAR
Kepala Dinas Pemadam Kebakaran Deliserdang, Kurnia Boloni Sinaga menunjukkan racun api yang ada di kantornya dan dihimbau bisa dimiliki juga oleh masyarakat Jumat (29/7/2022). 

TRIBUN-MEDAN.COM,DELISERDANG- Setiap orang atau badan usaha, termasuk perusahaan akan dikenakan retribusi penggunaan tabung racun api.

Tiap tahunnya, setiap badan usaha atau perusahaan yang menggunakan racun api akan dikenakan retribusi senilai Rp 35 ribu.

Pengutipan retribusi ini berangkat dari Keputusan Bupati Deliserdang nomor 148 tahun 2021 tentang Pelaksanaan Perda nomor 2 tahun 2012 tentang retribusi jasa usaha umum.

Adapun maksud pengutipan retribusi ini tak lepas dari target penerimaan Pendapatan Asli Daerah (PAD).

Dengan adanya retribusi ini, Dinas Damkar Deliserdang yakin retribusi penggunaan racun api bisa tembus sampai 150 persen pada tahun 2022.

Terlebih, saat ini capaiannya sudah sampai 84 persen dari target.

Untuk mencapai hal ini, dinas pun terus menyosisasikan program early warning system atau sistem deteksi dini 100 ribu tabung kepada masyarakat. 

"Targetnya Rp 200 juta tahun ini, karena baru pertama kali. Sekarang realisasi sudah 84 persen atau Rp 169 jutaan. Kita optimis bisa capai diatas 100 persen atau sampai Rp 150 persen," ucap Kadis Damkar dan Penyelamatan Deliserdang, Kurnia Boloni Sinaga Jum, at, (29/7). 

Mantan Camat Lubukpakam ini mengatakan, selama ini pihaknya terus melakukan sosialisasi ke berbagai sektor mulai dari usaha industri besar, sedang dan kecil hingga ke Pemerintah Desa.

Selama ini, kesadaran masyarakat mengenai deteksi dini ini juga sangat rendah.

Halaman
12
Sumber: Tribun Medan
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved