Pakpak Bharat

Bupati Franc Tumanggor Resmikan Rumah Kompos dan Peternakan Domba di Desa Simberuna Pakpak Bharat

Bupati Franc meresmikan penggunaan rumah kompos, membuka pelatihan pembuatan kompos, serta pelatihan dan sosialisasi pengembangan ternak domba.

Editor: Abdi Tumanggor
Diskominfo Pakpak Bharat
Bupati Pakpak Bharat Franc Bernhard Tumanggor mengunjungi Dusun Trutung Bulung, Desa Simberuna, Kecamatan Sitellu Tali Urang Jehe, Pakpak Bharat, Sumut, Sabtu (30/7/2022). Di desa ini dibuka rumah kompos dan pengembangan peternakan domba. 

TRIBUN-MEDAN.COM - Bupati Pakpak Bharat Franc Bernhard Tumanggor mengunjungi Dusun Trutung Bulung, Desa Simberuna, Kecamatan Sitellu Tali Urang Jehe, Pakpak Bharat, Sumut, Sabtu (30/7/2022).

Kawasan Dusun Trutung Bulung merupakan penghasil buah durian terbaik dari Kabupaten Pakpak Bharat.

Bupati Franc tampak didampingi Kepala Dinas Pertanian dan beberapa Kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD) lainnya.

Kunjungan Bupati muda dan energik ini dalam rangka meresmikan penggunaan rumah kompos, membuka pelatihan pembuatan kompos, serta pelatihan dan sosialisasi pengembangan ternak domba.

Pembuatan kompos di Pakpak Bharat
Bupati Pakpak Bharat Franc Bernhard Tumanggor mengunjungi Dusun Trutung Bulung, Desa Simberuna, Kecamatan Sitellu Tali Urang Jehe, Pakpak Bharat, Sumut, Sabtu (30/7/2022). Di desa ini dibuka rumah kompos dan pengembangan peternakan domba. (Diskominfo Pakpak Bharat)

Adapun pengembangan ternak domba ini merupakan gagasan Dewan Pimpinan Cabang (DPC) Kosgoro Pakpak Bharat.

Ketua PDK Kosgoro 1957 Kabupaten Pakpak Bharat, Elson Angkat, mengatakan bahwa peternakan domba ini sangat cocok dikembangkan di Kabupaten Pakpak Bharat, mengingat potensi daerah yang subur dan luas. Maka sangat bagus ditanami rumput dan pakan ternak.

"Tanah kita subur dan luas, sangat cocok untuk mengembangkan peternakan, di samping itu petani kita juga butuh banyak pupuk organik dan kompos, kegiatan ini merupakan bagian dari program Kosgoro 1957 untuk membantu masyarakat,"ujarnya.

"Target kita, Pakpak Bharat harus mampu berswasembada daging dan juga swasembada pupuk organik,"sambungnya.

Bila program ini berhasil, kata Elson Angkat, tentunya akan memberikan suatu multiflyer effect pada masyarakat.

Pelatihan membuat kompos di Pakpak Bharat
Bupati Pakpak Bharat Franc Bernhard Tumanggor mengunjungi Dusun Trutung Bulung, Desa Simberuna, Kecamatan Sitellu Tali Urang Jehe, Pakpak Bharat, Sumut, Sabtu (30/7/2022). Di desa ini dibuka rumah kompos dan pengembangan peternakan domba. (Diskominfo Pakpak Bharat)

Wakil Ketua DPRD Pakpak Bharat ini melanjutkan, dalam pemberian pelatihan terhadap petani ini diharapkan tidak hanya untuk membantu meningkatkan pengetahuan dan keterampilan petani, tapi lebih dari itu untuk meningkatkan ekonomi.

Halaman
12
Sumber: Tribun Medan
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    Tribun JualBeli
    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved