Berita Sumut

Mulai Hari Ini, 1.600 Nakes Disuntikan Vaksin Booster Kedua di RSUP Adam Malik Medan

RSUP Haji Adam Malik (HAM) Medan menggelar vaksinasi keempat atau vaksin booster kedua untuk 1.600 tenaga kesehatan mulai hari ini, Selasa (2/8/2022).

Tribun Medan/Rechtin
Pelaksanaan vaksin booster kedua (dosis keempat) untuk tenaga kesehatan yang ada di Rumah Sakit Umum Pusat (RSUP) Haji Adam Malik Medan, Selasa (2/8/2022). 

TRIBUN-MEDAN.com, MEDAN - Sebanyak 1.600 tenaga kesehatan (nakes) mendapat suntikan vaksinasi keempat atau vaksin booster kedua yang digelar di Rumah Sakit Umum Pusat (RSUP) Haji Adam Malik (HAM) mulai hari ini, Selasa (2/8/2022). 

Direktur Utama RSUP HAM, dr. Zainal Safri, SpPD-KKV, SpJP(K) mengatakan pencanangan vaksin dosis keempat ini tidak untuk seluruh pegawai RSUP HAM, namun khusus untuk tenaga kesehatan yang menangani pasien Covid-19 dan non Covid-19

"Dalam vaksinasi booster yang kedua ini kita yang pertama di Sumut. Dan ini tidak seluruh pegawai RSUP Adam Malik yang divaksin, kita fokus untuk seluruh tenaga medis yang melayani baik pasien covid maupun pasien di luar covid," kata Zainal. 

Baca juga: Dinkes Medan Tunda Kegiatan Vaksinasi Booster Kedua, Berikut Jadwal dan Lokasi Terbarunya

Ia mengatakan, sebelumnya pada vaksin booster pertama, sebanyak 3.637 dosis vaksin disalurkan untuk pegawai RSUP Adam Malik

"Kita di booster pertama kita melakukan untuk 3.637 vaksin dan untuk yang kedua ini mungkin nanti sekitar 1600 an karena yang utama adalah untuk tenaga medis di RSUP Adam Malik," ujarnya. 

Zainal juga mengimbau agar seluruh tenaga kesehatan maupun masyarakat rentan (lansia dan komorbid) untuk dapat melakukan vaksin booster kedua. 

"Terakhir adalah imbauan kepada seluruh tenaga medis maupun komorbid agar nanti bisa mengikuti booster yang kedua ini.

Karena sudah terbukti dari booster yang pertama sangat menaikkan imun kita dan angka morbiditas maupun mortalitasnya sangat rendah," katanya. 

Sub Koordinator Hukormas RSUP HAM Rosario Dorothy Simanjuntak mengatakan, vaksinasi booster Covid-19 ini dilakukan sesuai dengan instruksi pemerintah pusat menggunakan vaksin jenis Moderna yang merupakan hibah dari Covax Facility, Amerika Serikat.

“Kita sudah menerima vaksin Moderna dari Jakarta yang didistribusikan melalui Dinas Kesehatan Provinsi Sumatera Utara pada Senin (1/8/2021) sore.

Pada hari itu juga, kita langsung melakukan vaksinasi booster bagi nakes ini di Gedung Paviliun, Instalasi Pelayanan Eksekutif RSUP HAM,” katanya. 

Rosario menuturkan, pelaksanaan vaksinasi booster pada hari pertama di rumah sakit Adam Malik ini diikuti sebanyak 117 nakes.

Baca juga: 71 Ribu Nakes di Sumut Akan Vaksin Keempat, Gubernur Edy Imbau Warga Vaksin Booster Pertama

Selanjutnya, untuk tahap awal, Tim Vaksinasi Covid-19 RSUP HAM sudah menjadwalkan sebanyak 300 nakes akan menjalani vaksinasi booster ini setiap hari sampai tanggal 7 Agustus 2021. 

"Pelaksanaan vaksinasi booster ini sendiri ditargetkan akan selesai pada awal September 2022 mendatang," katanya

Halaman
12
Sumber: Tribun Medan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved