Berita Samosir

Pemkab Samosir Tak Becus Bekerja, 35 Hektar Hutan Pinus Tele Terbakar

Kebakaran hutan dan lahan (karhutla) terjadi di Hutan Pinus Tele, Kecamatan Harian, Kabupaten Samosir, Senin (1/8/2022).

Penulis: Maurits Pardosi | Editor: Royandi Hutasoit
TRIBUN MEDAN/HO
Kebakaran Hutan dan Lahan di Hutan Pinus Tele, Kecamatan Harian, Kabupaten Samosir pada Senin (1/8/2022). Kebakaran hutan dan lahan mencapai 35 hektare. 

TRIBUN-MEDAN.com, SAMOSIR - Kebakaran hutan dan lahan (karhutla) terjadi di Hutan Pinus Tele, Kecamatan Harian, Kabupaten Samosir, Senin (1/8/2022).

Kepala KPH Unit XIII Benhard Purba menjelaskan, padamnya api tersebut dibantu oleh hujan yang turun. Ia menjelaskan, luas lahan yang terbakar seluas 35 hektar.

"Luasnya 35 hektar. Kebakaran tersebut terjadi sejak Minggu (31/7/2022)," ujar Benhard Purba, Selasa (2/8/2022).

Dalam pemadaman karhutla, pihaknya menggunakan 2 unit pemadam kebakaran. "Kita menggunakan Damkar sebanyak 2 unit," sambungnya.

Sebelumnya, ia telah menjelaskan, pihaknya langsung terjun ke lokasi setelah mendapatkan informasi terkait karhutla tersebut.

Pihak KPH Doloksanggul bersama dengan Forkopimda Samosir turun ke lapangan, api dinyatakan padam.

"Kami lagi pemadaman Karhutla di Hutan Pinus Tele, Kecamatan Harian, Kabupaten Samosir. Api sudah padam, dibantu oleh hujan,"

Dua minggu sebelum kejadian hari ini, karhutla juga sudah terjadi di kecamatan tersebut.

Terkait hal tersebut, pihak Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Samosir menyampaikan, kebakaran hutan dan lahan terjadi di Kecamatan Harian, Kabupaten Samosir pada Selasa (19/7/2022).

Oleh karena itu, pihak Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Samosir telah siagakan 2 Unit pemadam kebakaran (damkar) di kawasan pemukiman warga. 

Halaman
12
Sumber: Tribun Medan
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved