Breaking News:

Berita Sumut

Anggaran Pemprov Sumut Terbatas, Ketua KONI Tak Berani Targetkan Masuk 3 Besar Pada PON 2024

Dengan jumlah anggaran yang kecil ini, tidak memungkinkan Sumut untuk mendaftarkan atletnya di semua nomor cabang olahraga yang dipertandingkan di PON

Tribun Medan/Rechtin
Ketua Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Sumatra Utara, John Ismadi Lubis saat memberikan keterangan di ruang rapat kantor Gubernur Sumut, Kamis (4/8/2022). John Ismadi Lubis mengaku tak berani memasang target yang sesuai dengan keinginan Gubernur Sumut Edy Rahmayadi pada pelaksanaan PON XXI tahun 2024 mendatang.  

TRIBUN-MEDAN.COM, MEDAN - Ketua Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Sumatra Utara, John Ismadi Lubis mengaku tak berani memasang target yang sesuai dengan keinginan Gubernur Sumut Edy Rahmayadi pada pelaksanaan PON XXI tahun 2024 mendatang. 

John menyebut, alasannya adalah karena anggaran Pemerintah Provinsi Sumut yang sangat terbatas. 

"Kita harus maklum juga dengan kondisi keuangan Pemprov Sumut, tidak mungkinlah kita meminta sama seperti provinsi lain, kalau kita liat APBD DKI pada PON yang lalu itubRp 850 miliar, di Jawa Barat Rp 385 miliar, Jatim 350 Rp miliar, kita hanya Rp 50 miliar sudah merasa  besar itu, karena APBD kita cuman Rp 15 triliun," ujar John, Kamis (4/8/2022). 

John mengatakan, dengan jumlah anggaran yang kecil ini, tidak memungkinkan Sumut untuk mendaftarkan atletnya di semua nomor cabang olahraga yang dipertandingkan di PON. 

Oleh karena itu, kata dia peluang untuk mendapatkan banyak medali juga kecil. 

"Makanya semangat pemerintah provinsi dan pak gubernur ini kami sikapi, kami juga persiapkan alternatif lain bagaimana menghadapinya agar Sumut masih punya peluang," katanya. 

Gubernur Edy Rahmayadi sebelumnya menargetkan Sumut bisa masuk ke peringkat tiga besar pada PON Sumut-Aceh mendatang. 

Namun, menurut John, target tersebut tidak realistis melihat kondisi keuangan Pemprov Sumut yang tidak sama dengan provinsi teratas pada PON sebelumnya. 

"Kita target kita yang realistis lah, walaupun pak gubernur bisa optimis di tiga besar, kita realistis bahwa saat ini tiga besar itu DKI Jakarta, Jabar, Jatim, karena mereka medalinya sudah di atas 100. Sementara kita tidak menurunkan atlet sebanyak mereka," ucapnya. 

Sumut Enggan Beli Atlet

Halaman
12
Sumber: Tribun Medan
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved