Danau Toba Rally 2022

IKUT Kejurnas Danau Toba Rally 2022, Ijeck Favoritkan Track Ini

Menurutnya, lintasan balap yang berada di sekitar kawasan Danau Toba ini juga didukung kawasan alam yang cukup asri dan sejuk.

Penulis: Muhammad Ardiyansyah | Editor: Ayu Prasandi
TRIBUN MEDAN/DANIL SIREGAR
Pereli Musa Rajekshah bersama navigatornya Hervian Soejono melewati Spesial Stage (SS) 2 Aek Nauli pada hari pertama Kejuaraan Nasional Danau Toba Rally 2022 yang berlangsung di kawasan Hutan Tanaman Industri di Simalungun, Sabtu (6/8/2022). Pada Kejurnas Danau Toba Rally 2022 tersebut Ryan Nirwan menjadi pereli tercepat pada hari pertama balapan. 

TRIBUN-MEDAN.com,SIMALUNGUN-Wakil Gubernur Sumatera Utara (Sumut), Musa Rajekshah yang menjadi peserta Kejurnas Danau Toba Rally 2022 mengaku mempunyai lintasan favorit di ajang itu. 

Dari sembilan special stage (SS), pria yang karib disapa Ijeck itu mengaku menyukai lintasan di daerah Huta Tonga. Diketahui, lintasan itu menjadi SS-1 dan SS-4. 

Baca juga: IJECK Jadi yang Tercepat Kedua Shakedown Danau Toba Kejurnas Rally, Catat Waktu 4 menit 20,1 detik

"Hampir semuanya saya senang, tapi lebih senang yang ke kanan itu, Huta Tonga," katanya kepada awak media, di Pesanggrahan Bung Karno, Parapat, Simalungun, Minggu (7/8/2022). 

Ijeck menyebutkan, para pereli yang mengikuti Kejurnas Danau Toba Rally 2022 juga cukup menikmati lintasan. Selain karena dekat dengan destinasi wisata, juga lebih menantang.

Menurutnya, lintasan balap yang berada di sekitar kawasan Danau Toba ini juga didukung kawasan alam yang cukup asri dan sejuk.

Apalagi, para pereli bisa melihat langsung ke danau saat mengebut tunggangannya. 

Pereli Musa Rajekshah bersama navigatornya Hervian Soejono melewati Spesial Stage (SS) 2 Aek Nauli pada hari pertama Kejuaraan Nasional Danau Toba Rally 2022 yang berlangsung di kawasan Hutan Tanaman Industri di Simalungun,  Sabtu (6/8/2022). Pada Kejurnas Danau Toba Rally 2022 tersebut Ryan Nirwan menjadi pereli tercepat pada hari pertama balapan.
Pereli Musa Rajekshah bersama navigatornya Hervian Soejono melewati Spesial Stage (SS) 2 Aek Nauli pada hari pertama Kejuaraan Nasional Danau Toba Rally 2022 yang berlangsung di kawasan Hutan Tanaman Industri di Simalungun, Sabtu (6/8/2022). Pada Kejurnas Danau Toba Rally 2022 tersebut Ryan Nirwan menjadi pereli tercepat pada hari pertama balapan. (TRIBUN MEDAN/DANIL SIREGAR)

"Pasti semua peserta senang untuk reli di Danau Toba ini. Saat kita mau start, kita nunggu, udaranya bagus. Terus viewnya kita di touring bisa melihat danau. Jadi hampir semua pereli yang di luar Sumut, senang untuk reli di Sumut khususnya di kawasan Danau Toba ini," ujarnya. 

Sebelumnya, Ijeck juga mengungkapkan, kompetisi Danau Toba Rally tahun ini lebih menarik. Pasalnya, lintasan balap ditambah dan diatur menjadi lebih menantang daripada tahun sebelumnya.

"Berbeda dari lintasan biasanya. Tahun lalu itu menjadi daerah special stage (SS). Tapi kali ini panitia membuka lagi daerah sebelah kanan yaitu Huta Tonga yang dulu saat kejuaraan dunia reli dipakai sebagai special stage. Jadi memang karakternya beda antara Gorbus dengan Huta Tonga. Jalannya lebih banyak menanjak dan turunan serta tanahnya beda karakter, jadi cukup menantang," ucapnya. 

Ijeck mengakui, hal itu dibuat agar kompetisi reli di Danau Toba tidak monoton.

Baca juga: Pastikan Danau Toba Rally 2022 Berjalan Aman, Kapolres Bersama Dandim 0207/ Simalungun Temui Peserta

DANAU TOBA KEJURNAS RALLY 2022 - Wakil Gubernur Sumut, Musa Rajekshah yang turut menjadi peserta di ajang Kejurnas Danau Toba Rally 2022 saat ditemui awak media di paddocknya, Sabtu (6/8/2022).
DANAU TOBA KEJURNAS RALLY 2022 - Wakil Gubernur Sumut, Musa Rajekshah yang turut menjadi peserta di ajang Kejurnas Danau Toba Rally 2022 saat ditemui awak media di paddocknya, Sabtu (6/8/2022). (TRIBUN MEDAN/HO)

Selain itu, menurutnya, inovasi itu dibuat agar tidak menguntungkan peserta yang sudah pernah ikut jadi masing-masing pereli merasakan lintasan yang baru.

Kejurnas Danau Toba Rally 2022 kali ini diikuti sebanyak 46 pereli yang berasal dari nasional.

Lintasannya sendiri dibuat di Hutan Tanaman Produksi PT TPL Sekotr Aek Nauli, Parapat, Simalungun. 

(cr12/tribun-medan.com) 

Sumber: Tribun Medan
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved