Toko Daring dan Katalog Lokal

Pemkab Pakpak Bharat Sosialisasikan Pemanfaatan Toko Daring dan Katalog Lokal

Sosialisasi pemanfaatan Toko Daring dan Katalog Lokal bagi pelaku usaha lokal dan UMKM di wilayah Kabupaten Pakpak Bharat.

Editor: Abdi Tumanggor
Diskominfo Pakpak Bharat
PJ Sekda Pakpak Bharat Jalan Berutu: Pemerintah Kabupaten Pakpak Bharat melalui Bagian Perekonomian dan Kesra pada Sekretariat Daerah mensosialisasikan pemanfaatan Toko Daring dan Katalog Lokal bagi pelaku usaha lokal dan UMKM di wilayah Kabupaten Pakpak Bharat, Sumut, Selasa (9/8/2022). 

TRIBUN-MEDAN.COM - Pemerintah Kabupaten Pakpak Bharat melalui Bagian Perekonomian dan Kesra pada Sekretariat Daerah mensosialisasikan pemanfaatan Toko Daring dan Katalog Lokal bagi pelaku usaha lokal dan UMKM di wilayah Kabupaten Pakpak Bharat, Sumut, Selasa (9/8/2022).

Acara yang dilaksanakan di Aula Bale Sada Arih ini bertujuan untuk membantu mendorong pertumbuhan usaha-usaha mikro, kecil dan menengah, menyamakan langkah antara Lembaga Kebijakan Pengadaan Barang dan Jasa Pemerintah (LKPP), Pemerintah Provinsi dan Pemerintah Kabupaten Pakpak Bharat untuk membangun katalog lokal, yang nantinya bisa diisi dan dimanfaatkan oleh para penyedia lokal dan produk lokal di Kabupaten Pakpak Bharat.

Bupati Pakpak Bharat melalui Penjabat (PJ) Sekretaris Daerah Pakpak Bharat, Jalan Berutu, S.Pd, MM saat membuka acara ini menjelaskan bahwa proses katalogisasi produk-produk lokal ini sejalan dengan amanat dan arahan Presiden Joko Widodo tentang pemanfaatan produk-produk dalam negeri guna mendukung peningkatan perekonomian Nasional disektor UMKM.

"Kita mensosialisasikan penggunaan katalog lokal serta pemanfatan Toko Daring ini untuk mendukung peningkatan perekonomian masyarakat melalui pemanfaatan produk-produk dalam Negeri, peningkatan porsi UMKM dan Koperasi,"ujar Jalan Berutu dalam sambutannya.

Sosialisasi Toko daring dan Katalog Lokal di Pakpak
Pemerintah Kabupaten Pakpak Bharat melalui Bagian Perekonomian dan Kesra pada Sekretariat Daerah mensosialisasikan pemanfaatan Toko Daring dan Katalog Lokal bagi pelaku usaha lokal dan UMKM di wilayah Kabupaten Pakpak Bharat, Sumut, Selasa (9/8/2022). (Diskominfo Pakpak Bharat)

Penjabat Sekretris Daerah juga menjelaskan garis besar pemanfaatan katalog lokal ini bagi para pelaku usaha yang hadir.

Menurut Jalan Berutu, proses katalogisasi akan dikerjakan oleh pemerintah daerah, tapi proses penayangan dibuat secara nasional.

"Produk lokal yang ditayangkan nantinya diharapkan bisa dibeli oleh konsumen dari daerah lain, dengan kata lain katalog lokal ini bisa menjadi ajang promosi untuk di daerah lain,"jelasnya.

"Untuk itu, saya minta kita semua yang hadir mengikuti sosialisasi ini agar kiranya mengikuti dengan serius sosialisasi ini, kepada para petugas yang turut hadir saya pesankan supaya bantulah para pelaku usaha lokal kita, dorong mereka untuk memanfaatkan sarana promosi ini,"lanjutnya.

Mengingat pentingnya Sosialisasi ini, Pemerintah Kabupaten Pakpak Bharat menggandeng pihak LKPP dan Biro Pengadaan Barang dan Jasa Pemerintah Seekretariat Daerah Provinsi Sumatera utara yang mengirimkan beberapa pemateri dan narasumber.

(*/Tribun-medan.com)

Sumber: Tribun Medan
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved