Berita Sumut

Sejumlah Anggota DPRD Deliserdang Pilih Ke Luar Kota, Pertanggungjawaban APBD 2021 Belum Disetujui

Sejumlah anggota DPRD Deliserdang saat ini disebut tengah melakukan kunker ke luar kota, sehingga pelaksanaan sidang paripurna belum ada dijadwalkan.

Penulis: Indra Gunawan | Editor: mustaqim indra jaya
Tribun Medan/Indra Gunawan
Suasana ruang sidang paripurna DPRD Deliserdang yang berlangsung pada Selasa (2/8/2022) lalu minim dihadiri anggota dewan sehingga pelaksanaan sidang tersebut terpaksa ditunda. 

TRIBUN-MEDAN.com, DELISERDANG - DPRD Deliserdang hingga kini belum menentukan kembali jadwal sidang paripurna dengan agenda pengambilan keputusan Rancangan Peraturan Daerah (Ranperda) tentang Pertanggungjawaban Bupati atas pelaksanaan APBD tahun anggaran 2021.

Sejumlah anggota DPRD Deliserdang saat ini disebut tengah melakukan kunjungan kerja (kunker) ke luar kota, sehingga pelaksanaan sidang paripurna tersebut belum ada dijadwalkan.

Kabag Fasilitasi Penganggaran dan Pengawasan Sekretariat DPRD Deliserdang, Buyung Hasibuan yang dikonfirmasi tak menampik saat ini sejumlah anggota dewan berada di luar kota, baik yang tergabung dalam Badan Pembentukan Peraturan Daerah (Bapemperda) maupun Badan Kehormatan Dewan (BKD).

Baca juga: Anggarkan Rp 900 Juta, Gedung DPRD Deliserdang Tampak Mewah, Dinding Ruang Paripurna Biru Mengkilap

Menurutnya, kepergian sejumlah anggota DPRD Deliserdang itu memang sudah terjadwal sebelumnya.

"Kalau Bapemperda lagi ke Aceh Tamiang dan Langsa sekarang ini. BKD lagi di Lhokseumawe, Aceh Utara. Ya beberapa hari lah mereka di sana," kata Buyung Selasa, (9/8/2022). 

Diakui Buyung, bahwasannya agenda sidang paripurna yang sempat batal pada 2 Agustus 2022 lalu lantaran anggota DPRD Deliserdang yang hadir tidak kuorum, belum dijadwalkan kembali.

Kata Buyung, nantinya penjadwalan sidang paripurna dengan pengambilan keputusan Ranperda tentang Pertanggungjawaban Bupati atas pelaksanaan APBD tahun anggaran 2021, akan terlebih dahulu dibahas oleh Badan Musyawarah (Banmus) DPRD Deliserdang.

"Hari Kamis ini di Banmuskan lagi itu. Nanti dari kesepakatan hari Kamis barulah diketahui kapan jadwal paripurnanya. Sekarang lagi di luar kota belum bisa di Banmuskan, "kata Buyung. 

Wakil Ketua Deliserdang, Amit Damanik mengatakan sebelum dirapatkan oleh Banmus terlebih dahulu pimpinan dewan mengadakan rapat pertemuan. Rencananya pertemuan pimpinan dewan ini dilaksanakan pada Kamis (11/8/2022).

Baca juga: Kompak Korupsi Rp 1,3 Miliar, Dua ASN Sekretariat DPRD Deliserdang Dituntut Hukuman Berbeda

Selanjutnya hasil rapat pimpinan dibawa ke Banmus untuk kemudian dapat ditentukan jadwalnya kembali. 

"Hari Kamis ini kami rapat pimpinan dulu baru kemudian di Banmuskan. Estafet nya begitu. Kalau pimpinan sudah sepakat hari Kamis kami rapatkan dulu," kata Amit Damanik. 

Politisi PDI Perjuangan ini mengaku belum bisa memprediksi bila nantinya paripurna dilaksanakan bisa kembali kuorum atau tidak.

"Kalau rapat Banmusnya ya bisa saja satu hari itu juga dilakukan. Tergantung Banmusnya juga mau kapan. Yang jelas untuk penentuan rapatnya paripurnanya nanti ya kita menyesuaikan juga dengan agenda lainnya. Nggak tau bisa atau tidak (dewan kuorum) belum ada info terbaru," kata Amit. 

Rapat paripurna agenda pengambilan keputusan Ranperda tentang Pertanggungjawaban Bupati atas pelaksanaan APBD tahun anggaran 2021 sempat digelar pada waktu lalu.

Halaman
12
Sumber: Tribun Medan
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    Tribun JualBeli
    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved