Pemkab Sergai

Hadiri Harlah Ponpes NU Al-Qomariah, Adlin Tambunan Harap Budaya Ketimuran Tetap Dipertahankan

Wakil Bupati Kabupaten Serdangbedagai ini mengharapkan, agar Pondok Pesantren NU Al-Qomariah Kota Santri Galang dapat menjadi tempat unggulan di Sumut

Editor: Satia
Dok. Pemkab Serdangbedagai
Ketua Pimpinan Wilayah (PW) Gerakan Pemuda (GP) Ansor Sumatera Utara Adlin Tambunan hadiri peresmian Madrasah Ibtidaiyah Swasta (MIS) Ponpes Al-Qomariah Kota Santri Galang, Kabupaten Deli Serdang, Kamis (11/8/2022). 

TRIBUN-MEDAN.COM, SERGAI - Ketua Pimpinan Wilayah (PW) Gerakan Pemuda (GP) Ansor Sumatera Utara Adlin Tambunan hadiri peresmian Madrasah Ibtidaiyah Swasta (MIS) Ponpes Al-Qomariah Kota Santri Galang, Kabupaten Deli Serdang, Kamis (11/8/2022).

Dalam sambutannya, Wakil Bupati Kabupaten Serdangbedagai ini mengharapkan, agar Pondok Pesantren NU Al-Qomariah Kota Santri Galang dapat menjadi tempat unggulan di Sumatera Utara, khususnya dengan tidak meninggalkan budaya lokal dan ketimuran.

"Saya ucapkan terimakasih kepada pengurus Ponpes Al-Qomariah, kebanggan bagi saya dan suatu kehormatan untuk bisa hadir dan meresmikan MIS ini, semoga Ponpes ini menjadi contoh hingga di tingkat Nasional," kata dia.

Di era global saat ini, ia menekankan agar seluruh ponpes untuk tetap menjaga eksistensi dan budaya timur atau lokal tetap dipertahankan.

"Suka tidak suka, mau tidak mau kita harus tetap mempertahankan budaya ketimuran. Sarungan, sholawatan, pengajian, ziarah kubur dan lain sebagainya itu harus tetap dipertahankan," jelasnya.

Dirinya juga mengatakan, nilai kebangsaan yang harus terus ditanamkan kepada Santri dan santriwati dengan tidak meninggalkan sopan santun dan budi pekerti luhur.

"Nilai kebangsaan sudah mulai terkikis karena budaya barat sudah masuk. Kita harus terus lestarikan. Misalnya sarungan, pengajian, sholawatan, ziarah kubur dan lain sebagainya harus terus dipertahankan. Kita harus tanamkan nilai etika dan budi pekerti luhur, " Tandanya.

Ketua Yayasan Pondok Pesantren NU Al-Qomariah Kota Santri Galang Ahmad Rasidi Lubis mengucapkan, selamat datang kepada Ketua PW GP Ansor Sumut Adlin Tambunan di Ponpes Al-Qomariah ini.

"Saya ucapkan selamat datang kepada sahabat dan terimakasih karena sudah berkenan meresmikan gedung MIS kami ini. Ponpes yang berdiri ini sudah 38 tahun. Tentunya sudah banyak perubahan yang dilakukan baik fisik maupun non fisik," Ucapnya.

Lebih lanjut, Camat Galang Faisal Nasution mengharapkan, agar Ponpes ini dapat terus mendukung kegiatan Pemerintah Kabupaten Deli Serdang dengan mencetak Santri dan santriwati berakhlak mulia.

"Selamat ulang tahun kepada keluarga besar ponpes NU Al-Qomariah. Kami harap ponpes ini tepat konsisten mencetak santi dan santriwati buang berakhlak mulia. Saya ucapkan makasih karena ponpes selalu mendukung setiap kegiatan pemerintahan, " Tandanya.

Kemudian, kegiatan dilanjutkan dengan melakukan ziarah kubur ke makam Pendiri Pondok Pesantren Alm K. H. A. Ruslan Lubis Bin H Abdul Karim Lubis.

Selanjutnya, Adlin juga ikut acara tepung tawar kepada masyarakat yang mengikuti sunat rasul masal di kegiatan tersebut.

 

*

Sumber: Tribun Medan
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved