Pakpak Bharat

Pemkab Pakpak Bharat Terima Penghargaan Pelestarian Cagar Budaya

Pemerintah Kabupaten Pakpak Bharat menerima Anugerah sebagai salah satu Kabupaten dengan komitment pelestarian cagar budaya.

Editor: Abdi Tumanggor
Diskominfo Pakpak Bharat
PEMERINTAH Kabupaten Pakpak Bharat menerima Anugerah sebagai salah satu Kabupaten dengan komitment pelestarian cagar budaya. Penghargaan ini diberikan oleh Gubernur Sumatera Utara, Edy Rahmayadi kepada Pakpak Bharat melalui Wakil Bupati Pakpak Bharat, H Mutsyuhito Solin yang hadir mewakili Bupati Franc Tumanggor, 7 Agustus 2022 lalu. 

TRIBUN-MEDAN.COM - Pemerintah Kabupaten Pakpak Bharat menerima Anugerah sebagai salah satu Kabupaten dengan komitment pelestarian cagar budaya.

Penghargaan ini diberikan oleh Gubernur Sumatera Utara, Edy Rahmayadi kepada Pakpak Bharat melalui Wakil Bupati Pakpak Bharat, H Mutsyuhito Solin yang hadir mewakili Bupati Franc Tumanggor.

"Semoga penghargaan yang kita terima hari ini dapat menambah semangat masyarakat dan Pemerintah Kabupaten Pakpak Bharat dalam upaya menjaga dsn melestarikan benda-benda dan situs bersejarah yang ada di Kabupaten Pakpak Bharat," ucap Wakil Bupati Pakpak Bharat.

Lebih jauh Wakil Bupati juga menjelaskan bahwa upaya pelestarian benda-benda dan situs bersejarah di Kabupaten Pakpak Bharat merupakan upaya bersama antara masyarakat dan Pemerintah Kabupaten Pakpak Bharat dalam melindungi dan menjaga warisan leluhur tanah Pakpak ini.

"Ini merupakan buah dari upaya kita bersama, masyarakat dan Pemerintah Kabupaten Pakpak Bharat yang terus bwrusaha menjaga warisan tak ternilai ini, tsrimakasih atas atensi dan apresiasi dari Bapak Gubernur,"pungkasnya.

Pakpak Bharat Raih Anugerah Cagar Budaya
PEMERINTAH Kabupaten Pakpak Bharat menerima Anugerah sebagai salah satu Kabupaten dengan komitment pelestarian cagar budaya. Penghargaan ini diberikan oleh Gubernur Sumatera Utara, Edy Rahmayadi kepada Pakpak Bharat melalui Wakil Bupati Pakpak Bharat, H Mutsyuhito Solin yang hadir mewakili Bupati Franc Tumanggor, 7 Agustus 2022 lalu. (Diskominfo Pakpak Bharat)

Pemerintah Kabupaten Pakpak Bharat memang terus berupaya menjaga dan melestarikan berbagai benda dan situs budaya yang ada di Kabupaten ini. Ada terdapat banyak situs peninggalan budaya dari masa lampau yang masih tersimpan rapi di Kabupaten Pakpak Bharat diantaranya Batu Mejan, Situs Eluh Brru Tinambunen, Makam Tua di Lae Meang dan banyak situs lainnya.

Berbagai upaya telah dilakukan oleh Pemerintah bersama masyarakat dalam  menjaga kelestarian peninggalan masa lampau ini di antaranya dengan melakukan pemugaran kompleks situs, melakukan berbagai penelitian dan sebagainya.

Pemerintah Kabupaten Pakpak Bharat menerima penghargaan ini bersama Pemerintah Kabupaten Deli Serdang dalam upaya pelestarian situs benteng putri hijau.

Kabupaten Pakpak Bharat sendiri menerima penghargaan ini atas upaya menjaga kelestarian benda-benda dan situs bersejarah.

Penyerahan penghargaan ini sendiri dilaksanakan bersamaan dengan pembukaan Festival Pancur Gading Cagar Budaya Situs Benteng Putei Hijau, di Desa Namorembe, Kabupaten Deli Serdang, sumatera Utara, (7/8/2022) lalu.

"Perjuangan kita untuk melestarikan situs sejarah dan budaya yang ada di Sumatera Utara harus terus kita gelorakan, ini demi menjaga agar situs yang menyimpan peradban Sumatera Utara ini bisa kita wariskan hingga keanak cucu sebagai bagian dari identitas budaya kita di Sumatera Utara," ucap Gubernur Sumut Edy Rahmayadi dalam sambutannya.

(*/Tribun-medan.com)

Sumber: Tribun Medan
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved