Pemkab Sergai

Pimpin Apel Kesiapan Bencana Karhutla, Bupati Sergai Darma Wijaya Sampaikan Tiga Upaya Penanganan

Berdasarkan data yang ada pada semester I Tahun 2022, ada 206 hotspot dan 156 kejadian kebakaran hutan dan lahan di Sumut.

Editor: Satia
Dok. Pemkab Serdangbedagai
Bupati Serdang Bedagai Darma Wijaya pimpin apel kesiapan penanggupangan bencana kebakaran hutan dan lahan, di Mapolres Serdang Bedagai, Jumat (12/8/2022). 

TRIBUN-MEDAN.COM, SERGAI - Bupati Serdang Bedagai Darma Wijaya pimpin apel kesiapan penanggupangan bencana kebakaran hutan dan lahan, di Mapolres Serdang Bedagai, Jumat (12/8/2022).

Darma Wijaya menyampaikan, bahwa apel kesiapan penanggulangan bencana kebakaran hutan dan lahan (karhutla) merupakan satu tahapan penting untuk mengingatkan perlunya upaya untuk melestarikan hutan dan lahan yang ada di Indonesia, tekhusus Kabupaten Serdang Bedagai yang didominasi kawasan perkebunan.

Berdasarkan data yang ada pada semester I Tahun 2022, ada 206 hotspot dan 156 kejadian kebakaran hutan dan lahan di Sumut.

"Wilayah dengan hotspot terbanyak periode Januari-Juli 2022 antara lain Tapanuli Utara 37 titik, Tapteng 23 titik, Labuhanbatu 20 titik, Toba 18 titik, Tapsel 5 titik. Alhamdulillah Sergai tidak ada masuk di dalam lima besar ini," ucapnya.

Membacakan amanat Gubernur Sumatera Utara, Darma mengungkapkan, ada tiga upaya dalam mengatasi Karhutla. Pertama memberikan sosialisasi berisi himbauan kepada masyarakat untuk tidak melakukan pembakaran hutan dan lahan.

"Kedua yaitu kecepatan penanganan pada saat terjadinya karhutla dan terakhir yakni penegakan hukum serta mengungkap fakta terjadinya karhutla," katanya.

Ia menekankan bahwa penanganan ini tidak bisa dilakukan di kalangan Pemerintah Daerah sjaa melainkan unsur gabungan termasuk masyarakat juga turut serta dalam penanganannya.

"Mari kita sadari bersama bahwa tugas mulia ini menjadi tanggung jawab kita bersama. Semoga tugas yang kita laksanakan dengan penuh keikhlasan ini menjadi catatan amal ibadah di hadapan Tuhan Yang Maha Esa," pungkasnya.

Turut hadir yakni Kapolres Serdang Bedagai AKBP Dr Ali Machfud, Kasdim 0204/ DS Mayor Zeni TM Panjaitan, Perwakilan Kajari, jajaran Dinas Perhubungan, BPBD, Dinas Kesehatan, Pemadam Kebakaran, dan Satpol PP Serdang Bedagai.

 

*

Sumber: Tribun Medan
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved