Timnas Indonesia

Timnas Indonesia U-16 Jadi kampiun Piala AFF U-16 2022, Ternyata Ada Campur Tangan Legenda PSMS Ini

Markus telah pensiun sebagai pesepakbola aktif pada 2016 silam dan dipercaya masuk ke jajaran pelatih Timnas U-16 untuk membantu Bima Sakti.

Penulis: Muhammad Ardiyansyah | Editor: Ayu Prasandi
HO
Timnas Indonesia U-16 dan pelatih kiper Markus Horison. Fathir Rachman mendapat wejangan Markus Horiso sebelum babak penalti melawan Myanmar. 

TRIBUN-MEDAN.com,SLEMAN-Skuat garuda muda, Timnas Indonesia U-16 berhasil menjadi kampiun Piala AFF U-16 2022 usai menekuk skuat Timnas Vietnam dengan skor tipis 1-0, di Stadion Maguwoharjo, Sleman, Jum'at (12/8/2022).

Gol sematawayang skuat Garuda berhasil diciptakan Kafiatur Rizky pada babak pertama. Lalu tahukah Anda kesuksesan Timnas Tanah Air U-16 juga ada campur tangan legenda PSMS Medan, Markus Horison?

Bekas penjaga gawang PSMS Medan dan Timnas senior Tanah Air itu merupakan pelatih kiper Garuda muda. Ia pun menjadi asisten pelatih Bima Sakti yang menukangi Timnas U-16.

Baca juga: Timnas U-16 Indonesia Dapat Bonus dari PSSI Usai Juara Piala AFF, Totalnya Tak Sampai 1 Miliar

Markus telah pensiun sebagai pesepakbola aktif pada 2016 silam dan dipercaya masuk ke jajaran pelatih Timnas U-16 untuk membantu Bima Sakti.

Meski ia sangat berpengalaman sebagai penjaga gawang, menurutnya untuk menjadi pelatih kiper merupakan tanggung jawab yang berbeda.

Markus merasa bahwa itu adalah beban yang cukup besar, apalagi para pemain di Indonesia U-16 masih dalam proses pertumbuhan, yang terkadang masih labil dan kekanak-kanakan.

Ini adalah gelar juara kedua bagi Indonesia. Yang pertama pada tahun 2018 silam. Hasil ini langsung disambut gegap gempita sekitar 26 ribu suporter yang memadati Stadion Maguwoharjo.

Kemenangan melawan Vietnam akhirnya berhasil membuat Timnas U16 Indonesia mengulangi sejarah manis saat menjadi juara Piala AFF U16 pada tahun 2018 silam.

Kini, Indonesia berhasil mengukir sejarah manis lagi dengan meraih gelar juara keduanya dalam sejarah Piala AFF U16 2022.

Hebatnya, Timnas U16 Indonesia memenangkan gelar Piala AFF U16 2022 tanpa sekalipun menderita kekalahan sejak laga pertama pada babak penyisihan grup.

Baca juga: BERITA Populer Hari Ini, Timnas U16 Indonesia vs Vietnam hingga Masa Depan Nathalie Diramal

Berikut line up skuat Garuda muda saat menjamu Vietnam di final Piala AFF U-16:

Andrika Fathir Rachman;
Rizdjar Nurviat Subagja, Sulthan Zaky Pramana, M. Iqbal Gwijangge (C), Habil Abdillah;
Figo Dennis, Ahmad Zidan, M. Kafiatur Rizky, Riski Afrisal;
Nabil Asyura, Arkhan Kaka

Pelatih: Bima Sakti

(cr12/tribun-medan.com)

Sumber: Tribun Medan
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved