Bank Sumut Terbaik di Sumatra dan Kalimantan, Raih Penghargaan Bisnis Indonesia Award

Pada event BIA tersebut juga dihadiri oleh Menteri Koordinator Perekonomian Airlangga Hartarto dan Menteri Perindustrian Agus Gumiwang.

Penulis: Angel aginta sembiring | Editor: Eti Wahyuni
Tribun Medan/HO
Pemimpin Bank Sumut Cabang Jakarta Agus Condro Wibowo (tengah) menerima penghargaan Bisnis Indonesia Awards di Ritz Carlton Jakarta, Senin (15/8/2022). 

TRIBUN-MEDAN.com, MEDAN - PT Bank Pembangunan Daerah (BPD) Sumatra Utara meraih penghargaan di ajang Bisnis Indonesia Award (BIA) untuk kategori BPD Terbaik untuk Wilayah Sumatera-Kalimantan, yang diselenggarakan di Ritz Carlton Jakarta, Senin (15/8/2022).

Bank Sumut unggul atas nominasi lainnya yaitu PT BPD Lampung, PT BPD Kalimantan Tengah, PT BPD Jambi, dan PT BPD Kalimantan Barat.

Dari sisi kinerja, Bank Sumut berhasil membukukan laba sebesar Rp 345 miliar per Juni 2022, meningkat 12,4 persen dibanding periode yang sama tahun lalu atau secara (year-on-year/yoy).

Hadir mewakili Manajemen Bank Sumut, Pemimpin Bank Sumut Cabang Jakarta Agus Condro Wibowo. Pada event BIA tersebut juga dihadiri oleh Menteri Koordinator Perekonomian Airlangga Hartarto dan Menteri Perindustrian Agus Gumiwang.

Dalam paparannya, Direktur Utama Bank Sumut Rahmat Fadillah Pohan mengatakan, sederet capaian positif di atas diraih berkat kerja keras serta kesolidan seluruh jajarannya.

Baca juga: Perluas Layanan dan Channel Digital, Bank Sumut Kolaborasi dengan Bank BNI

Termasuk tata kelola yang baik selama ini Bank Sumut tercatat juga telah menyalurkan kredit senilai Rp 26,3 triliun atau tumbuh sebesar 8,5 persen (yoy), terdiri atas kredit konsumsi sebesar Rp 15,3 triliun, kredit investasi sebesar Rp 2,5 triliun dan kredit modal kerja sebesar Rp 8,4 triliun.

Secara garis besar, komposisi kredit yang disalurkan oleh Bank Sumut per Juni 2022 terdiri atas kredit produktif sebesar 42 persen dan kredit konsumtif sebesar 58 persen.

"Penyalurannya diberikan kepada kalangan Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) sebanyak 31 persen dan non-UMKM sebanyak 69 persen, " ujar Direktur Utama Bank Sumut Rahmat Fadillah.

Lanjutnya, catatan apik juga ditorehkan Bank Sumut dalam sisi penyaluran Kredit Usaha Rakyat (KUR).

Per Juni 2022, bank telah menyalurkan KUR senilai Rp 509 miliar kepada 34.810 debitur atau telah mencapai 101,8 persen dari target Semester I/2022.

Dari sisi dana pihak ketiga (DPK) per Juni 2022, total DPK Bank Sumut tercatat senilai Rp 34,4 triliun atau tumbuh sebesar 7,1 persen (yoy).

Komposisinya terdiri atas deposito senilai Rp 13 triliun, kemudian tabungan senilai Rp 11 triliun dan giro senilai Rp 10 triliun.

Bank Sumut berharap hingga akhir tahun perusahaan dapat mencatat laba sebesar Rp 700 miliar Selain laba, aset Bank Sumut juga meningkat 6,4 persen (yoy) menjadi Rp 40,9 triliun per Juni 2022.

Catatan ini membuat Bank Sumut duduk di peringkat kelima bank daerah dengan total aset terbesar di Indonesia per Mei 2022.

Sumber: Tribun Medan
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved