Pemkab Dairi

Galakkan Program Semesta Dairi Memanggil, Bupati Eddy Berutu Harap Peningkatan UMKM

Kali ini, Dinas Pariwisata, Kebudayaan, Pemuda dan Olahraga merangkul dua stakeholder untuk membantu program UMKM.

Penulis: Alvi Syahrin Najib Suwitra | Editor: Satia
TRIBUN MEDAN/ALVI
Bupati Dairi, Eddy Berutu tandatangan MoU bangkitkan UMKM, beberapa waktu lalu. 

TRIBUN-MEDAN.COM, SIDIKALANG - Pemerintah Kabupaten Dairi semakin menggalakkan program 'Semesta Dairi Memanggil'.

Kali ini, Dinas Pariwisata, Kebudayaan, Pemuda dan Olahraga merangkul dua stakeholder untuk membantu program UMKM.

Bupati Dairi Eddy Keleng Ate Berutu yang turut hadir dalam presentasi rencana bisnis UMKM bagi peserta Dairi Unggul Enteepreneeship College (DUEC) di Gedung Nasional Djauli Manik, begitu senang bisa menghadiri kegiatan tersebut, Kamis (18/8/2022).

Kegiatan terseburdirangkai dengan  penandatanganan MoU Peningkatan Kompetensi dan Pengembangan SDM Kepariwisataan serta UMKM antara Pemkab Dairi, PT Sarana Cahaya Bintang, dan Yayasan Aur Dairi Menenggoi, serta kegiatan pelatihan peningkatan Inovasi dan higienitas sajian kuliner.

"Agen perubahan dalam kegiatan ini adalah kewirausahaan, karena tidak semua mampu dilakukan oleh pemerintah, kami hanya berusaha menciptakan suasana yang baik agar para pelaku usaha, praktisi, dan pakar bisa berkolaborasi. Untuk itu kita hadirkan praktisi dan pakar dari Star4Hire yang sudah qualified dan teruji dan salah satu yang terbaik di Indonesia," ujar bupati usai ditemui dalam sela - sela acara.

Dijelaskan bupati, Ia melihat Dairi saat ini luara biasa, UMKM  sudah mulai bangkit, kreatifitas anak mudanya juga mulai bergerak.

"Basis UMKM di Dairi itu adalah semangat tinggi, namun kita perlu naik pada kuadran berikutnya agar semua jadi pemenang. Pemerintah lebih baik memberikan fasilitas, seperti pelatihan ini dan semua peserta yang ikut hari ini harus sesuai kriteria," kata bupati menambahkan.

Sementara itu, Sapto Priatomo dari PT Sarana Cahaya Bintang pemiliki startup Star4Hire mengatakan dalam platform perusahaan yang Ia miliki telah tergabung 4 juta orang tergabung  yang ingin mencari kerja dan perusahaan tersebut bergerak menjembataninya.

"Dan baiknya tahun ini kita berfokus pada penempatan pekerja untuk diluar negeri seperti Jerman, dan Qatar. Awal bulan yang lalu kita kirim SDM Indonesia ke Austarlia. Dan kabar baiknya, hari ini kita baru kirim 15 SDM ke Hongkong. Kami juga  bekerjasama dengan Yayasan Aur Dairi Menenggoi dan Pemkab Dairi untuk mendapatkan beasiswa belajar bahasa Inggris," katanya.

Selanjutnya, Ruslan Naba dari Estubizi Network mengatakan, kehadiran perusahaanya di Kabupaten Dairi adalah untuk membangun UMKM Dairi berbasis ekosistem.

"Kami hadir untuk melatih kemampuan diri dan ketrampilan berbisnis. Akan tersedia banyak topik, mulai dari Startup, Entrepreneurship, Kiat Bisnis, Pendanaan Usaha, Branding, Digital Marketing, Kepemimpinan, Manajemen SDM, dan masih banyak lagi. Kami akan bawa startup yang terbaik di Indonesia agar jejaringnya mendunia," kata Ruslan.

(Cr7/Tribun-Medan.com)  


 
 
 

 
 
 

Sumber: Tribun Medan
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved