Breaking News:

Berita Sumut

Sudah Lewat 7 Hari, KPU Belum Jalankan Perintah DKPP Terkait Pemberhentian Tetap Mulianta Sembiring

KPU RI hingga kini belum menjalankan putusan DKPP yang telah menjatuhkan sanksi pemberhentian tetap kepada anggota KPU Deliserdang, Mulianta Sembiring

Penulis: Indra Gunawan | Editor: mustaqim indra jaya
Facebook / Tribun Medan
Komisioner KPU Deliserdang, Mulianta Sembiring 

TRIBUN-MEDAN.com, DELISERDANG - KPU RI hingga kini belum menjalankan putusan Dewan Kehormatan Penyelenggara Pemilu atau DKPP yang telah menjatuhkan sanksi pemberhentian tetap kepada anggota KPU Deliserdang, Mulianta Sembiring.

Padahal DKPP telah memerintahkan kepada KPU RI untuk menjalankan putusan paling lama 7 hari semenjak putusan dibacakan pada 10 Agustus lalu.

Namun, Bawaslu Deliserdang dan KPU Deliserdang mengaku belum mengetahui perkembangan lebih lanjut mengenai putusan DKPP terhadap Mulianta Sembiring.

Baca juga: Mulianta Sembiring Ungkap Penyebab Dirinya Dipecat dari KPU Deliserdang, Masih Tunggu Putusan KPU RI

"Kita bertanya-tanya juga semalam. Sudah sejauh-mana. Kita nggak tahu juga internal mereka ini (KPU) apakah sudah turun dari KPU RI atau gimana, "ucap Ketua Bawaslu Kabupaten Deliserdang, Muhammad Ali Sitorus Sabtu, (20/8/2022). 

Ali membenarkan dalam putusan yang dibacakan oleh DKPP paling lama diperintahkan KPU RI menjalankan putusan tersebut tujuh hari semenjak putusan dibacakan.

Diakui kalau dalam hal ini juga ada kewenangan dari Bawaslu RI, Provinsi hingga Kabupaten. Disebut saat ini mereka masih menunggu informasi lebih lanjut. 

"Biasanya itu ada surat yang turun. Kalau sekarang kita pun mau tau juga sudah sejauh mana, "kata Muhammad Ali Sitorus. 

Terpisah, hingga saat ini Mulianta Sembiring masih belum dinonaktifkan sebagai Komisioner KPU Deliserdang.

Ia masih tercatat sebagai Komisioner Divisi Hukum.

Terkait hal ini Ketua KPU Deliserdang, Syahrial Efendy pun mengaku belum mengetahui informasi lebih lanjut dari KPU RI

"Belum ada informasi kita terima. Kita taunya cuma masih dari sidang DKPP itu saja. Dari KPU Sumut pun belum ada dan masih menunggu juga. Ya menunggu petikan putusan DKPP," ucap Syahrial Efendy. 

Syahrial menyebut selama ini rekannya, Mulianta Sembiring yang melakukan konsultasi kepada KPU Sumut terkait putusan yang dijatuhkan DKPP padanya.

Ia mengaku juga mendengar kalau rekannya itu ada berencana untuk menggungat keputusan KPU RI kedepannya. Hal itu disebut sebagai upaya hukum yang dilakukan oleh Mulianta. 

Baca juga: Mulianta Sembiring Dipecat dari KPU Deliserdang, Terbukti Lakukan Pelanggaran Berat

"Setelah ada putusan DKPP kan harus dijalankan sama KPU RI. Nah nanti putusan dari KPU itu yang akan digugat ke PTUN. Ya tunggu hasil keputusan KPU RI dululah," kata Syahrial. 

Sementara itu Mulianta Sembiring yang dikonfirmasi belum bersedia berkomentar banyak.

"Sampai hari ini saya belum menerima surat dari KPU RI jadi belum bisa komentar, mohon maaf," tulisnya melalui pesan WhatsApp.

(dra/tribun-medan.com) 

 

 

 

Sumber: Tribun Medan
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved