Sumut Memilih

KPU Dairi Mulai Lakukan Verifikasi Administrasi Peserta Pemilu 2024, Batas Minimal Anggota 319 Orang

Adapun saat ini verifikasi administrasi yang dilakukan oleh KPU Dairi yakni pencocokan data identitas diri, KTA partai politik, data isian sipol.

HO
Kantor KPU Dairi. 

TRIBUN-MEDAN.COM, SIDIKALANG - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Dairi mulai melakukan verifikasi partai politik yang ada di Kabupaten Dairi.

Kadiv tekhnis penyelenggaraan KPU Dairi, Asih Firmansyah Solin mengatakan, saat ini pihaknya sudah menerima 23 partai politik yang sudah melakukan pendaftaran di KPU RI.

"Saat ini sedang memasuki tahap yang namanya verifikasi administrasi. Sebenarnya ini sedang dilakukan oleh KPU Pusat, dan KPU yang ada di daerah ini sebenarnya sifatnya hanya membantu saja, " Ujarnya kepada Tribun Medan, Senin (22/8/2022).

Baca juga: Tahapan Pemilu 2024, KPU Kabupaten Toba Verifikasi Administrasi 21 Parpol

Dikatakannya, adapun saat ini verifikasi administrasi yang dilakukan oleh KPU Dairi yakni pencocokan data identitas diri, KTA partai politik, data isian sipol, dan kemudian identik ganda.

"Jadi ini yang akan di turunkan KPU RI kepada kami. Jadi status kita ini membantu verifikasi yang dilakukan KPU RI, " Ungkapnya.

Langkah selanjutnya, pihak KPU Kabupaten Dairi akan mengirim berkas tersebut ke KPU RI untuk menindaklanjutinya.

Lanjut Asih, keanggotaan Parpol sesuai ketentuan yang ada ialah 1/1000 dari jumlah penduduk Kabupaten Dairi.

Sehingga, para partai politik memiliki batas minimal keanggotaan partai sebanyak 319 orang.

Baca juga: Kapolres Terima Kunjungan Audiensi KPU Kabupaten Tapteng

Terkait hal itu, dirinya mengimbau kepada para partai politik untuk memantau sipol yang nantinya akan dikirim kan oleh KPU RI apabila terdapat berkas yang belum dipenuhi.

"Nanti setelah melakukan verifikasi administrasi ini, kami akan menyerahkan ke KPU Pusat, dan nantinya KPU Pusat yang akan mengirimkan kepada DPP Partai untuk diteruskan kepada DPW nya. Jadi harapan kami untuk dipantau lah sipol nya, karena disitu nanti akan ada masa tindak lanjutnya, masa klarifikasinya," tutupnya.

(Cr7/Tribun-Medan.com).  

Sumber: Tribun Medan
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    berita POPULER

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved