Breaking News:

Berita Sumut

SPI Jalur Mandiri USU Naik Hingga 100 Persen: Dibandingkan dengan Sesama PTN BH, USU Paling Rendah

Besaran UKT dan SPI yang harus dibayar mahasiswa baru yang lulus melalui Jalur Mandiri untuk FK dan FKG USU sebesar Rp 75 juta.

dok
BIRO REKTOR USU 

TRIBUN-MEDAN.com, MEDAN - Sejumlah Perguruan Tinggi Negeri (PTN) di Indonesia membuka Jalur Mandiri sebagai sistem penerimaan mahasiswa baru.

Penerimaan mahasiswa baru melalui Jalur Mandiri dilaksanakan secara mandiri oleh masing-masing PTN, termasuk Universitas Sumatera Utara (USU)

Bagi mahasiswa yang lulus dari Jalur Mandiri biasanya dikenakan biaya selain Uang Kuliah Tunggal (UKT).

Baca juga: Soksi Sebut Rektor USU Zalim, Minta Sumbangan Fantastis ke Mahasiswa Mandiri

Untuk USU, tertuang dalam SK Rektor Universitas Sumatera Utara (USU) Nomor: 748/UN5.1.R/SK.KEU/2022 tentang Penetapan Besaran Biaya Pendidikan Per Semester Bagi Mahasiswa Tahun Ajaran 2022/2023 untuk program studi jenjang pendidikan program sarjana (S1) jalur Mandiri dan Mandiri Internasional di lingkungan Universitas Sumatera Utara tertanggal 6 April 2022, menyebutkan biaya pendidikan yang dimaksud pada keputusan ini ada dua macam, yakni UKT dan SPI. 

Dalam surat tersebut dituliskan besaran Uang Kuliah Tunggal (UKT) dan Sumbangan Pengembangan Institusi (SPI) yang harus dibayar untuk Fakultas Kedokteran dan Kedokteran Gigi sebesar Rp 75.000.000.

Sedangkan untuk fakultas lainnya seperti Hukum, Pertanian, Teknik, Ekonomi dan Bisnis dan lainnya ditetapkan sebesar Rp 15.000.000.

Besaran tersebut berbeda dengan tahun sebelumnya yang menetapkan Dana Kelengkapan Akademik (DKA) atau SPI Rp 7.000.000 untuk semua jurusan bagi mahasiswa jalur Mandiri.

Sedangkan untuk UKT ditetapkan paling tinggi Rp 32.500.000 Fakultas Kedokteran dan paling rendah Rp 8.000.000 Fakultas Ilmu Budaya.

Tahun sebelumnya UKT tertinggi Rp 32.500.000 Fakuktas Kedokteran dan Rp 5.000.000 seperti Fakultas Ilmu Budaya. 

Kepala Humas USU, Amalia Mutia mengatakan besaran biaya pendidikan mahasiswa yang lulus melalui Jalur Mandiri bukan merupakan isu baru.

Ia juga memberi perbandingan dengan sesama PTN BH yang penetapan UKT dan Uang Pangkal atau sumbangan Jalur mandirinya jauh lebih besar.

Baca juga: Inilah Perbandingan Uang Kuliah Tunggal Kampus Negeri di Sumut, Ada USU dan Unimed

"Silahkan bandingkan saja dengan sesama PTN BH yang lain, biaya kuliah mandiri USU masih yang termurah," ujarnya kepada Tribun Medan, Selasa (23/8/2022).

Sementara itu, Kepala Ombudsman Sumut Abyadi Siregar mengatakan bahwa sebaiknya USU tak perlu ikut-ikutan menaikkan biaya kuliah bagi mahasiswa baru di tengah situasi sulit masyarakat saat ini.

"Sejauh ini USU masih sangat merakyat biaya kuliahnya, menaikkan biaya kuliah di tengah masa sulit begini rasanya kurang bijak. USU salah satu perguruan tinggi negeri kan ya, sebagai perguruan tinggi yang dikelola oleh pemerintah mestinya USU menjadi perguruan tinggi masyarakat umum. Tak perlu ikut-ikutan, sebagai PTN tentunya harus merakyat," ujar Abyadi.

(cr26/tribun-medan.com) 

Sumber: Tribun Medan
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved