Ajak Milenial Geluti Sektor Pertanian, Polbangtan Gelar YAF 2022

Target ini, kata dia, merupakan target utama yang sejalan dengan road map program pembangunan sumber daya manusia di sektor pertanian (SDM).

Editor: Eti Wahyuni
TRIBUN MEDAN/HO
Kegiatan festival pebisnis muda pertanian atau Youth Agripreneur Festival 2022 [YAF] digelar Polbangtan Medan. Event ini digelar untuk menarik perhatian generasi muda di Sumut agar berkecimpung di sektor pertanian, Rabu (24/8/2022). 

TRIBUN-MEDAN.co, MEDAN - Kegiatan festival pebisnis muda pertanian atau Youth Agripreneur Festival [YAF] 2022 digelar Polbangtan Medan. Event ini digelar untuk menarik perhatian generasi muda di Sumut agar berkecimpung di sektor pertanian, Rabu (24/8).

Sejalan dengan arahan Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo (SYL), Kementerian Pertanian (Kementan RI) mengajak generasi milenial untuk terjun ke sektor pertanian dan menjadi petani. Mentan meyakini usaha pertanian sangat menjanjikan karena memiliki pasar yang pasti dan menjadi basis ekonomi nasional.

Demikian juga halnya dengan Kepala Badan Penyuluhan dan Pengembangan Sumber Daya Manusia Pertanian (BPPSDMP) Kementerian Pertanian (Kementan), Dedi Nursyamsi yang menargetkan adanya penambahan satu juta petani muda untuk memakmurkan Indonesia ke depan.

 Target ini, kata dia, merupakan target utama yang sejalan dengan road map program pembangunan sumber daya manusia di sektor pertanian (SDM).

 "Kami di Kementan berharap setiap tahunnya ada 1 juta generasi muda yang bergerak di sektor pertanian. Jika ini terlaksana, maka kami yakin, Indonesia ke depan akan makmur. Ajang YAF diharapkan dapat mendorong para Agrosiopreneur muda di sektor pertanian untuk terus berkarya melalui inovasi sehingga mengundang generasi muda lainnya berkecimpung di sektor pertanian," kata Direktur Polbangtan Medan.

Yuliana mengatakan peserta didik dan lulusan Polbangtan sudah terbukti menjadi agrosociopreneur. Diharapkan semakin banyak generasi muda yang siap bekerja di sektor pertanian, dan kemudian siap menjadi penggerak ekonomi daerah.

Baca juga: Dinas Pertanian Karo Beri Pelatihan Pembuatan Pupuk Organik, Solusi Petani Penuhi Kebutuhan Pupuk

"Generasi muda milenial lebih dekat dengan teknologi, maka sektor pertanian akan dapat digerakkan lebih cepat. Beberapa karya inovatif produk-produk unggulan dari mahasiswa akan didorong agar dapat memenuhi pangsa pasar," katanya.

Direktur Polbangtan Medan, Yuliana Kansrini mengatakan bahwa YAF 2022 menjadi wadah mempertemukan para entrepreneur di bidang pertanian dengan segala pihak pemangku kepentingan. Termasuk memperkenalkan produk unggulan entrepreneur tersebut. Stand pameran produk PWMP yang hadir diantaanya dari Seluruh PWMP wilayah koordinasi Polbangtan Medan.

“PWMP merupakan salah satu kegiatan Kementerian Pertanian dalam rangka mewujudkan regenerasi petani. Program ini dirancang untuk penyadaran, penumbuhan, pengembangan dan pemandirian minat, ketrampilan, dan jiwa kewirausahawan generasi muda dibidang pertanian. Program PWMP yang diluncurkan pada tahun 2016 merupakan tahun pioneer dari kegiatan pemerintah melalui Kementerian Pertanian, sehingga peserta PWMP di tahun 2016 menjadi leader program regenerasi pertanian” jelasnya.

Pada YAF 2022,  hadir bintang tamu Rayndra Syahdan Mahmudin seorang petani milenial sukses dan Sherly Annavita Rahmi seorang motivator diharapkan mampu menambah semangat dan memotivasi Agrosiopreneur muda dalam mengembangkan usahanya. Selain itu ada juga penampilan parode marching band Polbangtan Medan dan  Gebyar Pramuka Polbangtan Medan.  

 

 

Sumber: Tribun Medan
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    Tribun JualBeli
    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved