Berita Sumut

Biaya Pilpanag Simalungun Dibahas di P-APBD 2022, Jabatan 245 Kades Sementara Diamanahkan Kepada ASN

Sebanyak 245 jabatan kepala desa atau pangulu nagori di Kabupaten Simalungun saat ini dipimpin masing-masing oleh seorang Penjabat (Pj).

Penulis: Alija Magribi | Editor: mustaqim indra jaya
HO/Tribun Medan
Penyerahan SK Penjabat (PJ) Pangulu Nagori (Setingkat Kepala Desa) kepada 245 ASN oleh Bupati Simalungun Radiapoh Hasiholan Sinaga demi mengisi kekosongan jabatan yang lowong, lantaran Pemilihan Pangulu Nagori (Pilpanag) tahun 2022 ini belum dilaksanakan.  

TRIBUN-MEDAN.com, SIANTAR - Sebanyak 245 jabatan kepala desa atau pangulu nagori di Kabupaten Simalungun saat ini dipimpin masing-masing oleh seorang Penjabat (Pj).

Hal itu dilakukan demi mengisi kekosongan jabatan yang lowong lantaran Pemilihan Pangulu Nagori (Pilpanag) tahun 2022 ini belum dilaksanakan. 

Penunjukkan Pj sendiri dilakukan oleh Bupati Simalungun Radiapoh Hasiholan Sinaga dengan menyelenggarakan pelantikan Pj Pangulu di halaman SMP Negeri 1 Raya, Pamatang Raya, Sumut, Rabu (17/8/2022) pekan lalu. 

Baca juga: Sejumlah Pangulu di Kabupaten Simalungun Tak Gajian Selama 4 Bulan

Staf Ahli Pemerintahan dan Kesra Bupati Simalungun, Resman Saragih menyampaikan, pelantikan dilaksanakan sesuai dengan Surat Keputusan Bupati Simalungun No 188.45/14902/27.3/2022.

Jabatan Pj akan diemban sampai terpilihnya dilaksanakan sampai proses Pilpanag selesai.

“Di dalam surat itu kan, jabatan Kepala Desa/Pangulu Nagori bisa ditinjau kembali bila ada perubahan,” kata Resman yang dihubungi melalui sambungan telepon, Rabu (24/8/2022) siang. 

Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Pemerintahan Nagori (DPMPN) Jonni Saragih menyampaikan, pelantikan ini merupakan langkah Pemkab Simalungun dalam mengisi kekosongan jabatan pangulu periode 2016-2022 sesuai dengan peraturan dan perundang-undangan yang berlaku.

Seiring dengan diserahkannya jabatan kepala desa kepada ASN tersebut, Pemkab Simalungun dan DPRD Simalungun tengah menyusun Peraturan Daerah (Perda) untuk bisa menyelenggarakan Pilpanag tahun 2022 ini. 

“Tahapan kita berikutnya adalah pembahasan dan pembiayaan di Perubahan APBD Tahun Anggaran 2022 (yang berlangsung) di Bulan September 2022 nanti,” kata Jonni.

Diketahui sebelumnya, molornya pelaksanaan Pilpanag Kabupaten Simalungun tahun 2022 ini dikarenakan biaya yang ditampung dalam anggaran pelaksanaan kurang. 

Dana yang ditampung untuk menyelenggarakan Pilpanag 248 Nagori/desa pada APBD Simalungun Tahun Anggaran 2022 hanya sebesar Rp 1,42 miliar.

Sementara estimasi anggaran yang dibutuhkan mencapai Rp 18 miliar. 

Pj Kepala Desa Dibatasi Hak dan Tanggung Jawab

Dalam melaksanakan tugas, wewenang, hak dan kewajiban, bupati menyampaikan, penjabat Pangulu juga dibatasi dengan larangan-larangan yang pada akhirnya dapat dikenai sanksi administratif dan dapat diberhentikan sesuai dengan ketentuan dan perundangan undangan yang berlaku.

Halaman
12
Sumber: Tribun Medan
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved