Breaking News:

Berita Sumut

Sudah Meninggal, PAW Anggota DPRD Deliserdang Tak Kunjung Dilakukan, Ini Penjelasan Ketua Demokrat

Fraksi Demokrat DPRD Deliserdang hingga kini belum melakukan Pergantian Antar Waktu (PAW) untuk menggantikan almarhum Gambo Tarigan.

Penulis: Indra Gunawan | Editor: mustaqim indra jaya
Tribun Medan/Indra Gunawan
Anggota DPRD Deli Serdang periode 2019-2024 berfoto bersama usai menjalani pelantikan beberapa tahun lalu. 

TRIBUN-MEDAN.com, DELISERDANG - Fraksi Demokrat DPRD Deliserdang hingga kini belum melakukan Pergantian Antar Waktu (PAW) untuk menggantikan almarhum Gambo Tarigan yang meninggal dunia pada 18 Maret 2022 lalu.

Sehingga saat ini sudah terjadi kekosongan satu kursi anggota DPRD Deliserdang lebih dari lima bulan.

Ketua DPC Partai Demokrat Deliserdang, Anita Lubis yang dikonfirmasi sempat memberikan penjelasan mengapa PAW belum juga dilakukan.

Baca juga: DPRD Deliserdang Kecewa Pidato Kenegaraan Presiden Jokowi, Berharap Perpres No 33 Tahun 2020 Dicabut

Ia mengatakan saat ini PAW untuk penggantinya sedang berproses. Disebut ada tahapan dan makanisme yang sudah diatur untuk PAW dewan. 

"Lagi proses itu. Kitakan anggap Gambo Itu keluarga kita, ya biarkan dulu lah keluarganya berkabung. Udah turun (dari DPP), kita juga kan harus dapat rekomendasi dari Pusat dulu," ujar Anita Lubis Kamis, (25/8/2022). 

Anita yang juga sebagai anggota DPRD Sumut ini menyebut tahapan untuk PAW ini juga harus berproses ke Bupati serta KPU Deliserdang.

Setelah itu dikirimkan lagi ke Provinsi melalui Biro Otda. Dan saat ini disebut prosesnya sedang berjalan. 

"Sudah mau itu (selesai). Ya mudah-mudahan selesailah. Kalau lama-lama juga ya memang kita (Demokrat) rugi tapi mau bagaimana kan ada prosesnya," kata Anita. 

Istri mantan Bupati Deliserdang, almarhum Amri Tambunan ini menjelaskan orang yang menggantikan Gambo Tarigan adalah Irwan alias Iwan Bagindo yang merupakan warna Deli Tua.

Ia adalah orang yang memiliki jumlah suara terbanyak kedua dari Dapil 3.

Saat Pemilu Legislatif (Pileg) 2019, perolehan suara Irwan alias Iwan Bagindo hanya mencapai 800an suara. Untuk kedepan, Anita berharap agar sesudah dilantik bisa bekerja sebaik mungkin. 

Baca juga: Sejumlah Anggota DPRD Deliserdang Pilih Ke Luar Kota, Pertanggungjawaban APBD 2021 Belum Disetujui

"Harapan saya nanti dia bisa bekerja seperti Gambo. Kalau bisa lebih baik lagi. Ya minimal sama kinerjanya sama Gambo dulu, "kata Anita Lubis. 

Pada Pileg lalu Partai Demokrat mendapatkan 5 kursi di DPRD Deliserdang.

Setelah kepergian Gambo Tarigan kini hanya ada 4 orang dewannya yang duduk di Fraksi Demokrat. Kursi di DPRD Deli Serdang pun menjadi 49 orang karena kondisi ini.

(dra/tribun-medan.com)

 

Sumber: Tribun Medan
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved