Siantar Memilih

Tahapan Pemilu 2024, KPU Siantar Tuntaskan Verifikasi Administrasi 12.992 Keanggotaan 24 Parpol

Pada 26 Agustus 2022 besok menjadi masa tindak lanjut sampai verifikasi administrasi ditutup 29 Agustus 2022.

Penulis: Alija Magribi | Editor: mustaqim indra jaya
Tribun Medan/Alija Magribi
KPU Siantar verifikasi administrasi anggota dari 24 partai politik di Siantar yang telah mendaftar ke aplikasi SIPOL KPU RI 

TRIBUN-MEDAN.com, SIANTAR - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Pematangsiantar telah menuntaskan verifikasi administrasi (Vermin) terhadap keanggotaan 24 partai politik (parpol) calon peserta Pemilu 2024 yang ada di Kota Siantar, Sumatera Utara.

Selanjutnya pada 26 Agustus 2022 besok menjadi masa tindak lanjut sampai verifikasi administrasi ditutup 29 Agustus 2022.

Komisioner KPU Pematangsiantar Gina Ruthfefiliana Ginting menyampaikan, verifikasi dilakukan komisioner bersama tim verifikator KPU Kota Siantar selama 8 hari belakangan ini. 

Baca juga: Antisipasi Nama Warga Dicatut Parpol, Bawaslu Karo Minta Masyarakat Proaktif Cek Keanggotaan Partai

Tim terus bekerja hingga tengah malam pada setiap harinya, guna memeriksa kesesuaian data 12.992 keanggotaan parpol di Kota Siantar.

Khusus di Kota Siantar sendiri, partai politik wajib memiliki minimal anggota sebanyak 274 orang. 

"Kami hanya memeriksa kesesuaian data. Sedangkan yang menentukan memenuhi syarat atau tidak memenuhi syarat adalah KPU-RI," ucap Gina Ginting di ruangan kerjanya.

Adapun potensi ketidaksesuaian data, misalnya, kemungkinan beda identitas antara KTP dan Kartu Anggota Partai Politik, data ganda internal maupun data ganda eksternal, serta syarat keanggotaan partai yang dilarang dalam PKPU seperti status profesi, batas usia, dan seterusnya.

Nantinya, kata Gina, yang menentukan hasil verifikasi administrasi dan hal yang perlu diperbaiki parpol akan disampaikan KPU Republik Indonesia (KPU-RI). KPU RI yang memiliki hak menentukan secara keseluruhan parpol tersebut memenuhi syarat administrasi maupun tidak memenuhi syarat administrasi. 

Setelah verifikasi adminsitrasi rampung, agenda akan dilanjutkan dengan penyampaian hasil vermin terhadap 24 parpol. Parpol yang dinyatakan Memenuhi Syarat (MS) oleh KPU RI akan melanjutkan ke tahapan Verifikasi Faktual (Verfak).

Baca juga: Tahapan Pemilu 2024, KPU Toba Verifikasi Administrasi 21 Parpol

Adapun ketentuan verifikasi faktual, hanya diwajibkan terhadap parpol baru dan parpol yang tidak lolos parliamentary threeshold pada Pemilu 2019 lalu.

"Setelah itu, pada Oktober 2022 nanti, akan dilakukan verifikasi faktual terhadap parpol. Hanya saja, terhadap parpol yang lolos parliamentary threeshold (PT) sebagaimana hasil Pemilu 2019, tidak perlu dilakukan verifikasi faktual," ucapnya.

(alj/tribun-medan.com)

 

 

Sumber: Tribun Medan
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    berita POPULER

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved