Breaking News:

Tingkatkan Skill Budidaya Ayam Broiler, CPI Serahkan Hibah Teaching Farm dan Beasiswa ke USU

kerja sama ini adalah salah satu proses riset dan experience yang harus ditaati pengelolaannya oleh mahasiswa dan dosen.

Penulis: Husna Fadilla Tarigan | Editor: Eti Wahyuni
Tingkatkan Skill Budidaya Ayam Broiler, CPI Serahkan Hibah Teaching Farm dan Beasiswa ke USU
Tribun Medan/HO
Penyerahan beasiswa dan hibah Teaching Farm ke Universitas Sumatera Utara (USU), Kamis (25/8/2022).

TRIBUN-MEDAN.com, MEDAN - PT Charoen Pokphand Indonesia Tbk (PT CPI) selaku perusahaan nasional yang bergerak dalam dunia peternakan khususnya pemeliharaan dan budidaya ayam broiler, memberikan beasiswa dan hibah Teaching Farm ke Universitas Sumatra Utara (USU), Kamis (25/8/2022).

Penandatangan nota kesepahaman (MoU) kedua belah pihak ditandatangani langsung Tjiu Thomas Effendy, selaku Presiden Direktur PT CPI dan Dr Muryanto Amin, selaku Rektor USU yang juga didampingi para wakil rektor.

Rektor USU Muryanto Amin dalam kata sambutannya mengatakan, kerja sama ini adalah salah satu proses riset dan experience yang harus ditaati pengelolaannya oleh mahasiswa dan dosen.

Karena pemeliharaan closed house (kandang ayam modern tertutup) ini sudah memakai teknologi yang mana teknologi ini dipahami oleh pihak industri.

Baca juga: Bobby Nasution Kerap Pakai Ransel Saat Bertugas, Ini Maknanya Menurut Pengamat Politik USU

Kerja sama ini juga mencakup bidang pengembangan pendidikan, penelitian, pengabdian kepada masyarakat dan pengembangan bisnis, mau pun bidang-bidang lain yang mungkin akan diperluas di dalam masa kerja sama selama lima tahun ke depan.

“Dari closed house ini mahasiswa dan dosen bisa belajar bagaimana memelihara ternak ayam dengan cara teknologi serta meriset dengan ilmu-ilmu yang ada. Pada era industri ini, perlu peran tukar pikiran antara mahasiswa dan dosen ke pihak industri, agar mahasiswa bisa belajar tentang industri dan pihak industri dapat mengetahui kekurangan alat atau ciptaannya dari mahasiswa dan hasil riset akademis,” kata Muryanto Amin.

Rektor juga berharap untuk dosen yang mendampingi mahasiswa praktik adalah dosen praktisi yang SK mengajarnya dikeluarkan oleh pihak USU, hal ini dimaksudkan agar hibah teaching farm ini dapat terawat dan terjaga dengan baik.

Presiden Direktur Tjiu Thomas Effendy, dalam sambutannya mengatakan, hibah yang dilakukan oleh perusahaan untuk mendukung perkembangan sumber daya manusia (SDM) Indonesia dalam bidang Peternakan.

Selain penandatanganan MoU, PT CPI melalui Charoen Pokphand Foundation Indonesia juga melakukan beberapa penandatanganan Perjanjian Kerja Sama (PKS) seperti Perjanjian Kerja Sama Hibah kandang ayam modern tertutup atau biasa disebut dengan (closed house) dengan kapasitas 20.000 ekor, perjanjian kerja sama pengelolaan kandang, dan perjanjian kerja sama dalam pemberian beasiswa kepada 20 mahasiswa USU.

“Diharapkan dengan melakukan praktik budidaya pada kondisi riil, bisa membantu mahasiswa dalam meningkatkan skill/kemampuan, baik yang bersifat teknis pemeliharaan, mau pun aspek sosial dan bisnis. Lulusan peternakan bukan hanya pandai dalam teori, akan tetapi juga mahir dalam keterampilan, sehingga memiliki nilai lebih. Diharapkan Program Teaching Farm ini dapat terus berlangsung dan menjangkau ke seluruh fakultas peternakan di Indonesia,” ujarnya.

Halaman
12
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved