XL Axiata Dukung Kemenkes Sediakan Layanan Tanya321 untuk Informasi Kesehatan

masyarakat bisa mengakses informasi resmi mengenai kesehatan dari pemerintah dan organisasi internasional terkait

Editor: Eti Wahyuni
Tribun Medan/HO
(ki-ka) Chief Corporate Affairs XL Axiata, Marwan O Baasir, Direktur Jenderal Kesehatan Masyarakat Kementerian Kesehatan RI, dr Maria Endang Sumiwi, MPH dan Country Director Viamo Indonesia, Patrick M Compau menunjukan secara langsung platform layanan Tanya321 langsung dari gadget di sela-sela Acara Peluncuran Layanan Tanya321 di Jakarta pada Jumat (26/8). Dengan layanan ini, masyarakat bisa mengakses informasi resmi mengenai kesehatan dari pemerintah dan organisasi internasional terkait, selama 24 jam sehari, lewat aplikasi WhatsApp. 

TRIBUN-MEDAN.com, JAKARTA - PT XL Axiata, Tbk (XL Axiata) bersama Viamo Indonesia (Viamo) dan Kementerian Kesehatan (Kemenkes) Republik Indonesia melalui Direktorat Jenderal Kesehatan Masyarakat berkolaborasi meluncurkan layanan Tanya321.

Dengan layanan ini, masyarakat bisa mengakses informasi resmi mengenai kesehatan dari pemerintah dan organisasi internasional terkait, selama 24 jam sehari, lewat aplikasi WhatsApp.

Seremoni peluncuran layanan ini dilakukan oleh Direktur Jenderal Kesehatan Masyarakat Kementerian Kesehatan RI, dr Maria Endang Sumiwi, MPH, Country Director Viamo Indonesia, Patrick M Compau, dan Chief Corporate Affairs XL Axiata, Marwan O Baasir di Jakarta, Jumat (26/8/2022).

Diharapkan dengan adanya layanan ini dapat menjadi upaya peningkatan komunikasi, informasi dan edukasi dalam mendukung program pemerintah melalui Kementerian Kesehatan RI.

Baca juga: XL Axiata Hentikan Layanan 3G di 343 Kota

Chief Corporate Affairs XL Axiata, Marwan O Baasir mengatakan, sangat senang bisa berkolaborasi dengan Viamo Indonesia mendukung Kementerian Kesehatan RI dengan menerapkan teknologi seluler untuk menyediakanlayanan akses informasi kesehatan Tanya321 bagi masyarakat Indonesia.

“Kolaborasi ini sekaligus menjadi wujud nyata upaya kami mendukung gerakan inovasi dari penyediaan informasi secara digital yang inklusif dan dapat secara mudah diakses oleh pelanggan XL Axiata yang sebagian besar juga merupakan pengguna aktif WhatsApp,” katanya.

Marwan menambahkan, pemilihan aplikasi WhatsApp sebagai wadah dari penyebaran informasi sangat relevan, karena di Indonesia tercatat ada lebih dari 80 juta pengguna WhatsApp di tahun 2021 (sumber: Statista, 2021).

Karena itu, penyebaran informasi resmi dari pemerintah dapat juga difasilitasi dengan layanan ini sehingga masyarakat dapat mengakses informasi umum resmi pemerintah tanpa harus mengunduh aplikasi tambahan. Masyarakat cukup menghubungi Tanya321 lewat WhatsApp pada nomor 0819 - 0819 - 2 - 321 atau di link bit.ly/tanya321.

Melalui fasilitas Tanya321 ini, Kemenkes memberikan layanan informasi kesehatan secara resmi. Tak hanya informasi COVID-19 dan vaksin, masyarakat juga dapat mengakses informasi kesehatan ibu dan anak, Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (Germas) dan pola hidup sehat, kesehatan mental, serta edukasi penyakit lainnya.

“Kerjasama ini merupakan bentuk langkah lanjutan untuk memberikan informasi penting yang dibutuhkan bagi masyarakat. Kami menghadirkan Tanya321, WhatsApp Chatbot yang berisi informasi vital yang dapat membantu masyarakat melindungi diri dan keluarganya, bagaimana mencegah penyakit stunting, dan melawan penyakit lain seperti Covid-19 dan sebagainya,” ujar Patrick M Compau, Country Director dari Viamo Indonesia.

Sementara itu, Direktur Jenderal Kesehatan Kementerian Kesehatan RI, dr Maria Endang Sumiwi, mengatakan, senang sekali karena melalui kerjasama dengan XL Axiata dan Viamo Indonesia, kini sarana akses informasi Kemenkes memungkinkan menjangkau masyarakat Indonesia seluas mungkin.

Peluncuran layanan Tanya321 ini searah dengan transformasi layanan primer yang sedang dijalankan Kementerian Kesehatan untuk memperkuat aktivitas promotif preventif salah satunya adalah dengan memberikan edukasi agar menciptakan lebih banyak orang sehat, memperbaiki skrining kesehatan serta meningkatkan kapasitas layanan primer.

Maria Endang juga mengungkapkan, Layanan Tanya321 hadir sebagai salah satu bentuk usaha melawan misinformasi dan hoax dengan menghadirkan informasi resmi seperti informasi kesehatan dari Kementerian Kesehatan.

Sumber: Tribun Medan
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved