Jelajah Karakter Rasa Kopi Lokal dengan Nyeduh Bareng di Maxx Coffee

Dalam bincang kopi ini, menghadirkan beberapa kopi asli dari Tanah Jawa dan Aceh, yakni Java Ciwidey dan Lintong.

Penulis: Husna Fadilla Tarigan | Editor: Eti Wahyuni
Tribun Medan/ Husna
Nyeduh Kopi Bersama di Maxx Coffee Plaza Medan Fair 

TRIBUN-MEDAN.com, MEDAN - Maxx Coffee menggelar acara Coffee Gathering, nyeduh kopi bersama di Maxx Coffee Plaza Medan Fair, Jumat (26/8/2022).

Dalam kegiatan ini Maxx Coffee mengajak para pengunjung yang hadir untuk menyeduh kopi bersama dengan teknik seduh V60. Hal ini bertujuan untuk saling mengedukasi para pecinta kopi dalam mengeksplore rasa kopi Indonesia.

Dalam bincang kopi ini, menghadirkan beberapa kopi asli dari Tanah Jawa dan Aceh, yakni Java Ciwidey dan Lintong.

Java Ciwidey memiliki ciri khas rasa yang lebih lembut daripada Kopi Lintong. Dengan karakter rasa yang fruits sedikit ada asam, dan juga ada rasa cokelat dan caramel.

Sedangkan Lintong memiliki karakter rasa yang lebih kuat, rasa cokelat dan kacang yang kental, namun tetap lembut. Aroma spicy, herbal, dan rempah-rempah menjadikan kopi Sumatra Lintong sangat khas.

Nah ini dia yang menjadi menarik, kopi kok ada rasa buahnya? Kenapa bisa ada rasa coklat juga?

Baca juga: Kementan Ajak Petani Kopi Kabupaten Toba Jauhi Pupuk Kimia

Dalam kopi memiliki rasa dasar yang bisa dirasakan dengan teknik penyeduhan manual brew yakni V60. Dengan teknik penyeduhan ini citarasa utama pada kopi seperti body (kekentalan), acidity (rasa asam enak), bitternes (rasa pahit), dan sweetness (rasa manis) bisa dimunculkan.

Caranya dengan menyeimbangkan segala elemen untuk menyeduh, baik itu suhu air, lama menyeduh (puring), kehalusan bubuk kopi, dan juga kualitas air.

Reza, Store Manager Maxx Coffee Sun Plaza menjelaskan, bagaimana dia menyeduh Kopi Lintong yang juga merupakan kopi favorit di sini.

"Untuk teknik penyeduhan kita gunakan V60 ya, agar karakter rasa dari kopi tidak berubah teknik penyeduhan yang tepat memang single origin seperti ini. Di sini saya gunakan 20 gram kopi dengan perbandingan 1:15, jadi air yang saya akan tuang sebanyak 300 ml," jelas Reza.

Reza juga menjelaskan, dalam menyeduh suhu air yang digunakan sebaiknya tidak lebih dari 92 derajat Celsius.

"Dalam menyeduh suhu air juga harus diperhatikan, standarnya di 85-92 derajat celcius. Kalau suhunya ketinggian akan membuat kopi menjadi gosong, jadi harus disesuaikan. Nah, untuk menentukan seberapa tinggi suhu yang dapat digunakan bisa kita sesuaikan dengan karakter dasar kopinya, kalau seperti Lintong yang cenderung keras bisa kita gunakan di bawah 90 derajat Celsius," ujarnya.

Selain suhu, air dan juga waktu menyeduh menjadi perhatian dalam menjaga karakter rasa pada kopi.

"Air juga harus yang benar-benar bersih, karena sering tu kan ada air yang mengandung Zinc dan sebagainya. Lebih disesuaikan saja sih, jangan sembarangan air untuk menyeduhnya dan waktu menyeduh juga jangan kelamaan atau kecepatan," tambah Reza.

Maxx Coffee bertekad untuk mengenalkan kopi asli Indonesia, dengan begitu juga dapat membantu para petani. Sesuai anjuran pemerintah untuk mengembangkan kopi dari hulu ke hilir.

Sumber: Tribun Medan
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    Tribun JualBeli
    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved