Peternak Ayam Gulung Tikar karena Harga Pakan yang Mahal

Pantauan Tribun Medan di beberapa pasar di Kota Medan diantaranya Pusat Pasar, Pasar Petisah, Pasar Palapa, Pasar Sukaramai hingga Pasar MMTC.

Penulis: Angel aginta sembiring | Editor: Eti Wahyuni
Tribun Medan/Dok
ilustrasi ayam 

TRIBUN-MEDAN.com, MEDAN - Kenaikan harga telur ayam yang cukup signifikan menyebabkan beberapa peternak telur ayam di Kota Medan mengalami gulung tikar.

Seperti diketahui, menjelang akhir bulan Agustus 2022, harga telur ayam terus mengalami kenaikan hingga mencapai level harga Rp 26.100.

Pantauan Tribun Medan di beberapa pasar di Kota Medan diantaranya Pusat Pasar, Pasar Petisah, Pasar Palapa, Pasar Sukaramai hingga Pasar MMTC.

Diperoleh informasi harga rata-rata untuk telur ukuran kecil antara Rp 1.550-1700, ukuran sedang Rp 1.600-1750 dan ukuran besar antara Rp 1.700-1900.

Harga tersebut terpantau naik sejak awal Agustus kemarin, namun begitu diketahui tidak ada penurunan pasokan dan beberapa pedagang juga mengaku terjadi penurunan permintaan.

Ada pun harga jual telur di tingkat peternak seharga Rp 1.460 per butirnya tanpa dibedakan ukurannya dengan kategori satu ikat di atas 18 kilogram.

Baca juga: Segini Harga Telur Ayam di Kota Medan, Ini Penyebab Terjadinya Kenaikan Harga

Menurut salah satu peternak telur yang memiliki sekitar 30 ribu ekor ayam petelur, biaya produksi telur ayam ras sekitar Rp 1.390 per butir.

Menurutnya, dari sisi produksi, akibat turunnya harga telur tahun lalu dan kenaikan harga pakan sekitar 40 persen dibandingkan tahun lalu, menyebabkan ia mengurangi kapasitas kandangnya sekitar 35 persen.

Bahkan beberapa peternak telur di Pantai Labu harus gulung tikar. Pemicu turunnya harga telur tahun lalu disinyalir karena perusahaan unggas terintegrasi juga telah memiliki peternakan ayam petelur, sehingga terjadi banjir telur di pasar.

Terkait pembentukan harga, peternak mengatakan bahwa harga ditentukan oleh agen yang mengambil telur ke tempatnya.

Halaman
12
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved