Breaking News:

Parade dan Gebyar Kebaya Nasional 2022

Gebyar Kebaya Nasional, Bupati Franc Tumanggor Gunakan Baju Batik Kreasi Asli UMKM Pakpak Bharat

Bupati Pakpak Bharat Franc Tumanggor terlihat tampil elegan dengan balutan batik lengan panjang yang dia kenakan.

Editor: Abdi Tumanggor
Diskominfo Pakpak Bharat
Parade dan Gebyar Kebaya  Nasional Sumut 2022. Bupati Pakpak Bharat Franc Bernhard Tumanggor dan Istri Kenakan Batik Kreasi UMKM Pakpak Bharat. Parade dan Gebyar Kebaya Nasional 2022 Tingkat Provinsi Sumatera Utara di Lapangan Benteng, Kota Medan, Minggu (28/8/2022). 

TRIBUN-MEDAN.COM - Parade dan Gebyar Kebaya  Nasional Sumut 2022, 
Bupati Pakpak Bharat Franc Bernhard Tumanggor dan Istri Kenakan Batik Kreasi UMKM Pakpak Bharat.

"Parade dan Gebyar Kebaya Nasional 2022" tingkat Provinsi Sumatera Utara di Lapangan Benteng, Kota Medan, Minggu (28/8/2022).

Bupati Pakpak Bharat Franc Tumanggor terlihat tampil elegan dengan balutan batik lengan panjang yang dia kenakan. Bercorak putih kuning dengan warna dasar hitam.

Franc Bernhard Tumanggor menjelaskan bahwa baju batik yang dia gunakan ini merupakan hasil kreasi para pembatik asli Pakpak Bharat.

"Ini batik yang saya pakai adalah produk UMKM kita, hasil kreasi para pengrajin batik yang selama ini kita bantu dan kita bina, kita berikan pelatihan dan sebagainya dan inilah hasilnya, sebagai bentuk dukungan dan dorongan memajukan usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) di wilayah Kabupaten Pakpak Bharat,"ujarnya.

"Ya kita pakailah, kan bagus ini, siapa sangka ternyata kita punya banyak bakat yang selama ini terpendam, ada bakat pengrajin, pembatik dan sebagainya, harus terus disupport dan kita dorong untuk membangkitkan ekonomi kita dari sektor UMKM ini,"sambungnya.

Bupati Pakpak Bharat, Franc Bernhard Tumanggor beserta istri, Juniatry Sirait, menghadiri acara
Bupati Pakpak Bharat, Franc Bernhard Tumanggor beserta istri, Juniatry Sirait, menghadiri acara "Parade dan Gebyar Kebaya Nasional 2022" Tingkat Provinsi Sumatera Utara di Lapangan Benteng, Kota Medan, Minggu (28/8/2022). (Diskominfo Pakpak Bharat)

Franc Tumanggor menegaskan dengan memakai hasil karya produk negeri sendiri secara otomatis bisa membantu pergerakan perekonomian masyarakat kita naik dan grafik perkembangan UMKM akan terus bertumbuh.

Batik ini jelas Bupati Franc Tumanggor, merupakan ciri khas Indonesia, di samping itu juga mengikuti trend saat ini.

"Baju batik telah menjadi pakaian wajib baik di lingkungan Instansi pemerintah, perkantoran atau juga dalam acara dan perhelatan lain. Jadi kita mencoba memanfaatkan peluang bisnis ini, kita melatih para pembatik kita untuk bisa menghasilkan kain batik yang berkualitas,"katanya.

Diketahui saat ini, Pemerintah Kabupaten Pakpak tengah gencar mendorong usaha pembatikan bagi para pegiat dan peminat kerajinan ini.

Halaman
12
Sumber: Tribun Medan
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved