Pakai QRIS Bisa Bayar Belanjaan di Empat Negara

Ia berharap, QRIS bisa mendorong perputaran ekonomi pada sektor pariwisata dan pelaku usaha mikro kecil menengah (UMKM).

Penulis: Angel aginta sembiring | Editor: Eti Wahyuni
HO
ILUSTRASI Scan Barcode Qris. Bank Indonesia telah mengimplementasikan penuh quick response code indeonesian standard (QRIS) dengan Thailand. 

TRIBUN-MEDAN.com, MEDAN - Bank Indonesia (BI) meluncurkan QR code Indonesian Standard (QRIS) yang dapat dipakai di empat negara ASEAN, yakni Thailand, Malaysia, Filipina, dan Singapura.

Peluncuran tersebut dilakukan Presiden Joko Widodo, yang didampingi Gubernur BI, Menko Kemaritiman Luhut Binsar Pandjaitan dan Menteri Keuangan Sri Mulyani, Senin (29/8/2022).

Gubernur BI, Perry Warjiyo mengatakan pemanfaatan QRIS sudah dapat dinikmati di Thailand. Maka warga Indonesia yang sedang berada di Thailand, bisa membayar makanannya di restoran atau saat membeli baju, cukup menggunakan QRIS yang ada di aplikasi mobile banking di ponselnya. Caranya, cukup arahkan pemindai di QRIS ke barcode yang tersedia di merchant.

Sedangkan di Malaysia, transaksi menggunakan QR code masih pada tahap uji coba. Langkah Ini sudah dilakukan sejak Januari. Lalu di Singapura, masih pada di tahap penyelesaian untuk tanda tangan kerjasama antara Bank Indonesia dengan Bank Singapura.

"QR Indonesia dengan QR Thailand sudah kami uji cobakan dan mulai hari ini (kemarin) implementasi penuh," katanya.

Ia berharap, QRIS bisa mendorong perputaran ekonomi pada sektor pariwisata dan pelaku usaha mikro kecil menengah (UMKM).

"Dalam waktu dekat 5 negara kita bisa melakukan digitalisasi sistem pembayaran, cross-border, QR, fast payment dengan pembayaran mata uang lokal yang sekaligus mendukung pariwisata, mendukung UMKM, dan juga mendukung ekonomi keuangan digital secara nasional," pungkasnya.

Hal berbeda disampaikan Pengamat Ekonomi Sumut, Gunawan Benjamin. Ia mengatakan, apabila sebelumnya kita (masyarakat) saat berbelanja ke negeri orang, umumnya kita bisa menukarkan dahulu uang rupiah kita ke mata uang asing, umumnya US Dolar atau mata uang negara tujuan.

Baca juga: Pemko Medan Sambut Baik Digelarnya PQN BI, Walikota Bobby Nasution: Semakin Perkenalkan QRIS

Misal kalau ke Thailand maka kita menukar uang rupiah ke mata uang bath. Memang cara lama seperti itu dan kini sudah ada cara baru yakni menggunakan QRIS.

"Jadi cukup top up saldo menggunakan rupiah, selanjutnya kalau ke Thailand tinggal discan aja. Jadi berbeda dengan menggunakan kartu kredit, " ujarnya, Senin (29/8/2022) .

Halaman
12
Sumber: Tribun Medan
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved